Warga Soragodung Sipirok butuh air bersih


Ilustrasi

Sipirok – Warga tiga dari empat dusun di desa Soragodung, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan membutuhkan air bersih untuk kebutuhannya.

Ketiga dusun tersebut kata kepala desa Soragodung Ikhwan Afandi Siregar, di Sipirok, Selasa yakni dusun dusun Saba Tolang, dusun kampung setia dan dusun Sidagor-dangor.

Menurut dia, kebutuhan akan air bersih masyarakat tiga dusun yang berpenduduk lebih kurang 120 kepala keluarga atau limaratusan jiwa ini sejak beberapa tahun kebelakang.

“Pada tahun 2015 melalui anggaran dana desa air minum di dusun tersebut sudah ada dibangun. Belakangan debit air kurang akibat pipanisasi, sehingga tidak mencukupi,” jelasnya.

Bahkan ketika itu pengelolaan air bersih yang bersumber dari pegunungan di daerah itu adalah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Warga dikenakan retribusi Rp100 ribu dalam per tahun.

“Sayangnya Bumdes tidak berjalan maksimal (warga enggan bayar) akibat terganggunya pasokan air bersih kerumah rumah warga tersebut,” terangnya.

Oleh karenanya, masyarakat desa Soragodung sepakat untuk anggaran dana desa tahun 2018 akan melakukan perbaikan pipanisasi sepanjang tujuh 7 ribu meter.

“Dengan perbaikan pipanisasi sepanjang tujuh kilometer dan bak penampungan yang berada dipuncak bukit Soragodung, mudah-mudahan kebutuhan air bersih tiga dusun dapat teratasi,”sebutnya.

Sementara untuk satu dusun Soragodung kebutuhan air bersi masih mencukupi, katanya. Sementara warga memanfaatkan air yang ada disekeliling daerah mereka.

“Warga desa melalui musyawarah desa baru ini sudah sepakat pada tahun 2018 air bersih dengan sistem pakai meteran ditangani Bumdes,”ujarnya.

[Sumber]

Sipirok.net

Sipirok adalah salah satu kecamatan, sekaligus pusat pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia. Jarak ibu kota Medan ke Sipirok sekitar 356 km, atau sekitar 8- 9 jam dengan transportasi darat.

Berita terkait