Kerusakan jalan menuju Muara Batangtoru Tapsel semakin parah


JALAN RUSAK - Salah satu kerusakan jalan di Muara Batangtoru, Kabupaten Tapsel yang perlu diprioritaskan pembangunannya. (Amran Pohan)

TAPSEL – Ruas jalan yang menghubungkan Batangtoru di Kecamatan Batangtoru dengan Hutaraja, Kecamatan Muara Batangtoru, rusak parah. Waktu tempuh kedua ibukota kecamatan itu semakin hari kian bertambah, seiring semakin parahnya kerusakan jalan.

Amatan Metro Tabagsel, Kamis (4/1) lalu, kerusakan jalan yang menghubungkan Batangtoru dengan Hutaraja semakin parah saja. Lubang menganga menyerupai kubangan bertebar di mana-mana. Laju kendaraan, jauh melambat agar tak tersandung dan mogok akibat kubangan di badan jalan.

Alhasil, untuk melintasi jarak sekitar 9 kilometer yang menghubungkan Batangtoru-Hutaraja harus menghabiskan waktu 25 hingga 30 menit dengan menggunakan kendaraan roda 4.

“Kerusakan jalan ini baru terjadi sekira 2 hingga 3 tahun belakangan. Namun, semakin hari kian parah kerusakannya,” ujar Sahban Harahap (40) salah seorang warga pengguna jalan sambil mengutarakan bahwa pada 2013 lalu jarak tempuh kedua ibukota kecamatan bertetangga itu hanya sekira 10-15 menit saja.

Warga lainnya, Safruddin (29) mengatakan bahwa kerusakan jalan diakibatkan kurangnya perawatan, terutama minimnya saluran air yang berfungsi mengalihkan air dari badan jalan yang tergenang. Selain itu, truk bertonase tinggi juga rutin melintas untuk mengangkut hasil bumi dari wilayah itu.

“Rata-rata badan jalam belum memiliki drainase yang memadai, sehingga saat hujan turun badan jalan tergenang. Lama kelamaan, aspal terkelupas. Belum lagi truk dengan muatan berat yang selalu melintas,” ungkapnya.

Begitupun, warga sangat berharap agar Pemkab Tapsel tetap meprioritaskan perbaikannya kedepan. Sebab, hasil bumi, terutama sawit di wilayah itu cukup signifikan. Belum lagi bicara soal objek wisata. Sebab di wilayah itu juga terdapat pantai yang cukup indah dan belum dikelola secara maksimal. Adalah Pantai Muara Upu, satu satunya garis pantai milik Tapsel dengan panjang sekitar 17 km.(ran/hez)

[Sumber]

Sipirok.net

Sipirok adalah salah satu kecamatan, sekaligus pusat pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia. Jarak ibu kota Medan ke Sipirok sekitar 356 km, atau sekitar 8- 9 jam dengan transportasi darat.

Berita terkait