Pemkab Tapsel dukung dan sepakati agar calon Kepala Desa tes narkoba


Ilustrasi (Google image)

Tapanuli Selatan – Guna menciptakan pemimpin yang berkualitas di tengah masyarakat desa, Pemkab Tapanuli Selatan mendukung dan menyepakati agar Calon Kepala Desa (Cakades) yang akan bertarung melalui terlebih dulu menjalani tes narkoba sebelum mengikuti pesta demokrasi Pilkades serentak 20 April 2018 mendatang.

Hal itu diungkapkan Kabag Humasy dan Protokol Pemkab Tapsel Isnut Siregar, usai mengikuti pertemuan antara Sekda Tapsel dengan BNNK, Rabu (31/1).

“Pemkab Tapsel sepakat mendorong BNN melakukan tes urine bagi bakal calon kepala desa,” ungkapnya.

Disampaikan, Pemkab Tapsel juga setuju agar hasil tes urine menjadi salah satu syarat dalam lolos tidaknya bakal calon dalam mencalonkan diri dalam mengikuti Pilkades.

Hal senada juga diutarakan beberapa kalangan masyarakat. Dimana, kepala desa merupakan jabatan strategis dalam memajukan berbagai sektor pembangunan di desa, sehingga tercipta masyarakat desa yang maju dan mandiri.

“Kita dukung, seluruh Cakades menjalani tes urine dan menjadi salah satu syarat,” ungkap Efendi Rambe (31) salah seorang warga pemerhati pembangunan desa.

Sebelumnya sejumlah warga mengharapkan agar pelaksanaan Pilkades serentak yang akan berlangsung bulan April mendatang bisa melahirkan pemimpin desa yang mengutamakan kepentingan masyarakat.

H Rangkuti, salah seorang warga, mengatakan hal itu Rabu (31/1). Ia berharap Pilkades yang akan digelar harus mampu melahirkan pemimpin berkualitas yang diinginkan masyarakat. “Siapa saja orangnya terserah, yang penting pelaksanaan berjalan dengan aman, lancar dan menghasilkan pemimpin berkualitas,” ujarnya.

Selain itu, tentu yang tak kalah penting adalah pemimpin yang menjalankan amanah dengan baik. “Juga pemimpin yang bijak dan dipilih secara demokrasi dan harus mampu bersinergi dengan pemerintah atasan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Seperti diketahui, sebanyak 67 desa dari 14 kecamatan di Kabupaten Tapsel dijadwalkan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada April mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tapsel, Ginda Uli Pasaribu melalui Kabid Pemdes Ricky Hadamean Siregar mengatakan, tahapan pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Tapsel sedang dijalankan.

Di antaranya, tahapan persiapan yang di dalamnya ada pembentukan dan pelatihan panitia Pilkades. Selain itu ada juga tahapan pencalonan. Tahapan pemungutan suara dan tahapan penetapan pemenang dari pesta demokrasi di tingkat desa itu.

“Tahapan Pilkades serentak sedang berjalan,” katanya.

Dimana, untuk Panitia Pilkades di seluruh desa yang menggelar pemilihan, telah terbentuk. “Panitia tersebut juga telah diberi pelatihan dan bimbingan oleh PMD,” ungkap Ricky.

Dikatakan, sesuai jadwal yang ditetapkan, pemungutan suara dan penyampaian hasil pemunungutan suara akan dilaksanakan pada 20 April 2018 mendatang. (ran/hez)

[Sumber]

What's Your Reaction?

Suka Suka
1
Suka
Gasuka Gasuka
0
Gasuka
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Bodoamat Bodoamat
0
Bodoamat
Keren Keren
1
Keren
Sedih Sedih
0
Sedih
Nokomen Nokomen
0
Nokomen
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
0
Marah
Sipirok.net

Sipirok adalah salah satu kecamatan, sekaligus pusat pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia. Jarak ibu kota Medan ke Sipirok sekitar 356 km, atau sekitar 8- 9 jam dengan transportasi darat.

Berita terkait