Penyaluran dana desa di Kabupaten Tapanuli Selatan sangat baik


Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu SH saat menerima kunjungan Kepala KPPN Padangsidimpuan. (Amran Pohan)

Tapanuli Selatan – Penyaluran Dana Desa di Kabupaten Tapsel sangat baik. Hal itu diungkapkan Kepala KPPN Padangsidimpuan Anonom Cony Fetti Sitinjak beserta Kabid SKKI, Kanwil Sumatera Utara Indra dan Staff KPPN saat mengunjungi Kantor Bupati Tapsel, Senin (29/1).

Dimana KPPN Padangsidimpuan mengikuti percontohan tingkat nasional. Dan selama ini Pemkab Tapsel telah melakukan sinergi, terutama dalam penyaluran DAK fisik dan dana desa dengan sangat baik.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Tapsel, dimana koordinasi berjalan dengan baik dan lancar, sehingga penyaluran dan pertanggung jawabannya bisa tepat waktu. Harapan kami untuk tahun 2018 supaya sinergi ini terus berlanjut dan sesuai dengan persyaratan dan OPD terkait bisa menyampaikan dengan tepat waktu, sehingga penyalurannya pun tepat waktu juga. Sehingga masyarakat bisa lebih cepat merasakan dana yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat, terutama yang terkait dengan dana desa. Kami juga berharap untuk OPD terkait dapat mengawasi penggunaan dana desa itu agar penggunaannya tepat sasaran dan inilah harapan kita kedepannya,” ungkapnya.

Disampaikan, dari hasil evaluasi di KPPN Padangsidimpuan, bahkan di kantor wilayah juga melakukan evaluasi bahwasanya Kabupaten Tapsel saat ini adalah yang terbaik.

“Jadi harapan kami untuk tetap dipertahankan dan lebih ditingkatkan kembali,” ujarnya berharap.

Pada kesempatan itu Bupati Tapsel didampingi Sekdakab Parulian Nasution, Asisten Ekbang Saulian Sabbih, Sekretaris PPKAD Frananda dan Kabag Humas/ Protokol Isnut Siregar.

Bupati H Syahrul M Pasaribu SH mengatakan, atas nama Pemkab Tapsel, ia sangat berterima kasih kepada Kementerian Keuangan RI yang dipimpin oleh Ibu Sri Mulyani. Dimana sejak tahun 2017, upaya percepatan pembangunan di daerah sebagaimana dengan keluarnya PMK Nomor 50 dan juga susulannya, bahwa PMK itu secara spesifik dana desa dan dana DAK fisik telah diberi kewenangan kepada KPPN daerah sebagai penyalur untuk kabupaten/kota.

“Saya bersyukur bahwasanya kementerian keuangan memberi kewenangan kepada Dirjen Pembendaharaan Negara dan KPPN di daerah untuk mengantisipasi rentang kendali antara pusat dan daerah. Maka penggunaan dana desa adalah bagian dari nawacita presiden kita untuk membangun dari pinggiran agar segera terwujud, termasuk DAK fisik. Jadi dengan diberi kewenangan pada KPPN daerah, maka kami di Tapsel dapat berkoordinasi langsung dengan KPPN Padangsidimpuan yang membawahi kabupaten/kota,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pada bulan Oktober yang lalu Pemkab Tapsel diberi apresiasi penghargaan oleh Kanwil Pembendaharaan Negara di tingkat provinsi. Dimana, Pemkab Tapsel berhasil melaksanakan aturan dengan baik.

“Dan sesungguhnya bukan itu tujuan kami, tapi bagaimana supaya bisa secepat mungkin dana yang telah disiapkan oleh pemerintah pusat bisa dipergunakan oleh daerah supaya bisa dipergunakan sesuai dengan program yang telah ditentukan dan juga melalui tahapan-tahapan Musrenbangdes, RKPD Des dan yang berhubungan dengan dana DAK fisik,” sebutnya.(ran)

[Sumber]

Sipirok.net

Sipirok adalah salah satu kecamatan, sekaligus pusat pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia. Jarak ibu kota Medan ke Sipirok sekitar 356 km, atau sekitar 8- 9 jam dengan transportasi darat.

Berita terkait