Selamat! MTs Darul Mursyid Tapsel raih akreditasi peringkat A dengan nilai 98


Pemandangan Kampus Pesantren Darul Mursyid yang indah, sejuk dan asri.

Tapanuli Selatan – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) dengan NPSN 10263927, meraih akreditasi peringkat A dengan nilai 98 dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M). Hal itu berdasarkan SK Penetapan, Hasil Akreditasi BAP-S/M Nomor 694/BAP-SM/PROVSU/II/XI/2017 pada tanggal 18 November 2017.

Demikian disampikan Ali Ibrahim Siregar MPd sebagai Kepala MTs Darul Mursyid.

Disampaikan, meski nilai akreditas MTs Darul Mursyid sebelumnya sudah meraih kategori A dengan nilai 96,00 namun kini meningkat lagi menjadi 98,00.

Karena menurutnya, PDM tidak mudah puas dengan pencapaian mereka, termasuk di dalamnya nilai akreditasi. Walaupun sudah masuk kategori A, tapi nilai angkanya juga menjadi perhatian. Sebab, hal tersebut sangat penting sebagai salah satu indikator sekolah berkualitas.

“Untuk melihat kualitas sekolah, salah satu faktor penting yang harus diperhatikan adalah dari segi nilai akreditasnya. Dalam penilaian akreditas sekolah peringkat 86-100 adalah nilai “A” dan MTs Darul Mursyid meraih peringkat A dengan nilai 98 (sembilan puluh delapan). Nilai yang hampir mencapai nilai sempurna. Ini juga merupakan peningkatan nilai akreditas MTs Darul Mursyid yang sebelumnya peringkat ‘A’ dengan nilai 96,00,” ungkap Ali Ibrahim.

Dikatakan, akreditas merupakan proses penilaian (assesmen) dari sekolah secara sistemastis dan komprehensif, melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. Hasil akreditasi sekaligus menjadi umpan balik guna meningkatkan kinerja sekolah.

Dimana, akreditasi juga sebagai penilaian kelayakan dan kinerja suatu sekolah berdasarkan kriteria (standar) yang telah ditetapkan dan diwujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat kelayakan.

Yusri Lubis sebagai Wadir Bidang Pendidikan juga mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian nilai akareditasi MTs Darul Mursyid yang kian meningkat.

“Alhamdulillah atas anugerah Allah juga berkat dari usaha dan doa kita semua nilai akreditasi MTs Darul Mursyid meningkat lagi. Kini nilai akreditas MTs kami merupakan salah satu nilai akreditas tertinggi di Sumatera Utara dan bahkan di Indonesia.

Hal tersebut bisa kita lihat dari situs Badan Akreditas Sekolah/Madrasah Nasioanal. MTs Darul Mursyid setara dengan sekolah MTs Negeri Pakem Sleman dan MTs Swasta Al-Asiyah yang nilai akreditasnya 98,” ungkap Yusri Lubis.

Dikatakan, peningkatan nilai akreditas ini merupakan pengejawantahan dari prestasi siswa-siswa PDM di kejuaraan sains tingkat lokal, regional dan nasional yang terus menunjukkan hasil yang baik. Dimana, dalam event olimpiade sains sekarang ini, Darul Mursyid tentunya bukan nama yang asing lagi bagi sekolah lain yang juga berkecimpung di kancah olimpiade sains. Hal itu tidak terlepas dari prestasi sains PDM yang konsisten sejak tahun 2010 hingga sekarang. Bahkan saat ini PDM merupakan salah satu sekolah penyumbang siswa terbesar sebagai utusan sekolah dari Sumut untuk bertanding di skala Nasional.

Jafar Sayahbuddin Ritonga DBA sebagai Direktur PDM, juga menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas pencapaian dan peningkatan nilai akreditas MTS itu. Baginya, hal itu menjadi nikmat luar biasa dari Allah SWT yang patut disyukuri.

“Kami yakin bahwa pencapaian nilai akreditas ini adalah rahmat Allah atas usaha yang sungguh-sungguh oleh semua pembina, pendidik dan pengasuh di PDM, dan komitmen juga tekad kami menjadi pesantren sains terbaik di Indonesia dalam hal prestasi tahun 2018. Tentu salah satu indikator pendukungnya adalah nilai akreditas,” pungkas Jafar yang juga sebagai Ketua Umum Yaspenhir yang mengelola PDM hingga saat ini. (ran)

[Sumber]

What's Your Reaction?

Suka Suka
0
Suka
Gasuka Gasuka
0
Gasuka
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Bodoamat Bodoamat
1
Bodoamat
Keren Keren
0
Keren
Sedih Sedih
0
Sedih
Nokomen Nokomen
0
Nokomen
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
0
Marah
Sipirok.net

Sipirok adalah salah satu kecamatan, sekaligus pusat pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia. Jarak ibu kota Medan ke Sipirok sekitar 356 km, atau sekitar 8- 9 jam dengan transportasi darat.

Berita terkait