Setelah ratusan tahun, akhirnya warga desa Silangkitang Tambiski Tapsel nikmati listrik


Salah satu rumah warga di Silangkitang Tambiski Kecamatan SD.Hole Kabupaten Tapanuli Selatan pada malam hari yang baru merasakan lisrik setelah ratusan tahun (Antaranews sumut/kodir)

Tapanuli Selatan – Sejak ratusan tahun baru kali ini warga masyarakat di desa Silangkitang Tambiski, Kecamatan SD.Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan mengenal menikmati listrik. Itupun setelah program Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dibangun di daerah itu.

“Kami patut bersyukur dan mengucapkan terimakasih atas perhatian itu,” kata Kepala Desa Silangkitang Tambiski Desember Ritonga.

Dia bersama tokoh masyarakat lainnya Sutan Sayur Siregar mengucapkan hal itu disela-sela diresmikannya pemakaian PLTMH berkapasitas 53 KIlowatt (53 ribu watt), Sabtu, oleh Dirjen Energi Baru Terbarukan/Konservasi Energi (DEBTKE) dari Kementerian ESDM RI Radi Mulyana bersama Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu dan Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu.

Menurut Desember berkat PLTMH program Kementerian ESDM 2017 berbiaya sekitar Rp4 milyar itu sekitar 15o kepala keluarga di tujuh dusun yaitu dusun Silangkitang, dusun Silaiya Julu, dusun Silaiya Jae, dusun Sayur Matua, dusun Tambiski, dusun Batu Hombang dan  dusun Bangunan kini sudah baru dapat menikmati listrik termasuk rumah ibadah (Masjid) dan rumah sekolah secara gratis.

“Bahkan dimalam hari 90 titik lampu penerangan jalan sudah memberikan pelita kepada warga yang selama ini cuma merasakan gelap gulita,”sebutya.

Dikisahkannya sebelum adanya PLTMH terkesan Silangkitang Tambaski daerah termasuk terluar wilayah Tapanuli Selatan yang berbatas langsung dengan tetangganya Kabupaten Padang Lawas Utara itu terkesan terisolir dari penerangan.

Pada malam hari sebagian warga hanya menggunakan lampu teplok atau yang ditempah dari kaleng menggunakan sumbu kain berbahan minyak solar,”jadi tidak mengherankan ketika bangun pagi ronga hidung dan pakaian warga kerap hitam hitam akibat asap lampu buatan tersebut,”kata Desember.

“Alhamdulillah kisah sedih itu sudah tidak lagi, listrik PLTMH sudah memberi secercah harapan bagi warga. Anak-anak sekolah sudah bisa belajar dan mengaji malam dengan terang,”tuturnya.

Tentu tidak itu saja  warga juga sudah dapat menikmati siaran televisi dan alat-alat elektronik lainnya seperti tape, radio, kulkas dan lainnya. “Sesuai pesan Dirjen Radi Mulyana, Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu kami akan rawat asset PLTMH dan akan menjaga lingkungan (hutan) sebagai penyangga air uatama kebutuhan PLTMH ini,”katanya.

Ia juga mengakui terwujudnya PLTMH yang ia yakini akan mampu mendongkrak ekonomi warga itu berkat Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu/Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu.

[Sumber]

What's Your Reaction?

Suka Suka
0
Suka
Gasuka Gasuka
0
Gasuka
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Bodoamat Bodoamat
0
Bodoamat
Keren Keren
0
Keren
Sedih Sedih
1
Sedih
Nokomen Nokomen
0
Nokomen
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
0
Marah
Sipirok.net

Sipirok adalah salah satu kecamatan, sekaligus pusat pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia. Jarak ibu kota Medan ke Sipirok sekitar 356 km, atau sekitar 8- 9 jam dengan transportasi darat.

Berita terkait