Berita Sidimpuan

Satgas pangan Padangsidimpuan monitoring harga bahan pokok

Tim gabungan dari Satgas Ketersediaan Pangan Pemko Padangsidimpuan foto bersama dihalaman kantor Walikota Padangsidimpuan sebelum bergerak melakukan monitoring harga bahan pokok di pusat perbelanjaan di Kota Padangsidimpuan.(Foto : Riswandy)

Padangsidimpuan – Tim gabungan dari Satuan Tugas (Satgas) Ketersediaan Pangan Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan melakukan monitoring harga bahan pokokJelang lebaran, harga sembako di pasar tradisional Sipirok masih stabil di dua pusat perbelanjaan di Kota Padangsidimpuan.

pembatas

Satgas Ketersediaan Pangan ini dipimpin Asisten II Ekbang Pemko Padangsidimpuan DR. Alipada Harahap yang beranggotakan Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan, Bagian Perekonmian dan Kesra Setdakota Padangsidimpuan, Satpol PP, BulogBulog gelar operasi pasar di Padangsidimpuan dan Kepolisian.

Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si melalui Asisten II II Ekbang Setdakota Padangsidimpuan DR. Alipada Harahap, Jum,at (16/6/2017) mengatakan peninjauan dilakukan untuk memantau kenaikan harga sembakoJelang lebaran, harga sembako di pasar tradisional Sipirok masih stabil menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“ Untuk sidak kali ini kami memantau beberapa kebutuham pokok dan komoditi lainnya seperti, gula pasir, minyak goreng, telor ayam, cabai, bawang merah dan bawang putih. Kecuali bawang putih, bahan-bahan pokok ini harganya masih syabil dan dijual sesuai dengan harga eceran tertinggi, “ kata Ali Pada.

Ali Pada menyebutkan, dari hasil kunjungan ke pasar, harga kebutuhan pokok terlihat masih stabil di beberapa lokasi. Harga yang ditetapkan sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah.

Peninjauan ini, katanya, adalah upaya pemerintah untuk mengantisipasi adanya spekulan yang memanfaatkan momen menjelang Idul Fitri. Dia hanya bisa mengingatkan kepada masyarakat harus pandai-pandai melihat harga, “ kita maunya tidak saling memanfaatkan kondisi ini, “ ujarnya.

Sementara Plt.Kadis Perdagangan, Safri Dewasa, SP mengatakan, harga kebutuhan pokok secara umum tergolong normal walau sejumlah komoditi mengalami kenaikan, “ hal yang wajar bila ada beberapa harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan, “ katanya.

Ia menyebutkan, dari hasil peninjauan harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Kota Padangsidimpuan, selisih harga yang terjadi dinilai masih dalam tahap yang wajar, “ diharapkan kenaikan harga tidak sighnifikan, “ terangnya.

Sementara Wakapolres Padangsidimpuan Kompol JW Sijabat, SH yang ikut memantau harga bahan pokok di sejumlah pasar menyebutkan dari peninjauan kebutuhan pokok ini, tidak ada ditemukan adanya spekulasi memainkan harga untuk mendapatkan keuntungan yang lebih.

Menurutnya, kondisi ini masih dalam tahap wajar. Terkecuali jika terjadi selisih yang cukup besar seperti harga bawang putih yang melambung hingga mencapai Rp.50.000 per kg, “ itu baru ada sesuatu yang lain, “ ujarnya. [harian9.com]



TERPOPULER BULAN INI

To Top
Berita Rekomendasi:close