Berita Tabagsel

APBDes belum rampung, 9 dari 212 desa di Tapsel belum bisa manfaatkan dana desa

Tapanuli Selatan – Sebanyak 9 dari 212 desa yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Tapsel belum bisa memanfaatkan Dana Desa78 dari 211 desa di Tapsel sudah mencarikan dana desa dengan total Rp35 Miliar (Dandes) tahun 2017. Pasalnya, APBDes dari kesembilan desa itu belum rampung hingga saat ini.

pembatas

“APBDes merupakan syarat utama dalam proses pencairan Dana Desa. Ada 9 desa lagi yang belum bisa dicairkan,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah Kabupaten Tapsel Ginda Uli Pasaribu melalui Sekretaris Dinas tersebut Mara Tinggi, Selasa (13/6).

Dari kesembilan desa yang belum bisa memanfaatkan dana tersebut adalah delapan di antaranya berada di Kecamatan Sipirok ditambah satu desa di Kecamatan Angkola Selatan.

”Satu desa di Angkola Selatan, sedangkan delapan di Kecamatan Sipirok,” ungkapnya.

Kepada pemerintahan desa yang belum bisa mencairkan dana desa, Mara Tinggi mengajak agar segera merampungkan penyusunan APBDes.

Sehingga, pencairan dan pemanfaatan dana desa tidak menemui kendala.

”Pencairan dana desa dilakukan dua tahap. Tahap pertama 60 persen, dan tahap kedua 40 persen,” ujarnya.

Adapun besaran dandes tahun 2017 adalah sekitar Rp750 juta setiap desa. Namun, angka pastinya tidak sama pada setiap desa.

Amatan Metro Tabagsel, beberapa desa telah memanfaatkan dana desa dengan pembangunan fasilitas umum di desa. [metrotabagsel.com]



TERPOPULER BULAN INI

To Top
Berita Rekomendasi:close