Berita Tabagsel

Darul Mursyid raih The Best Theory & Over All bidang studi Matematika

Ketua Badan Pendiri Yaspenhir, Hj Riana Siregar (3 dari kanan) berfoto bersama siswa Darul Mursyid yang berhasil meraih medali di KSM Nasional 2016 di Pontianak.

TapselBupati Tapsel Apresiasi Prestasi Darul MursyidPesantren ModernAkreditas MA Darul Mursyid Tapsel meningkat Unggulan Terpadu Darul MursyidAkreditas MA Darul Mursyid Tapsel meningkat (PDMAkreditas MA Darul Mursyid Tapsel meningkat) yang beralamat di Desa Sidapdap-SimanosorDarul Mursyid Tapsel berangkatkan 6 siswanya ke KSM Nasional 2016 di Pontianak, Kecamatan Saipar Dolok HoleDarul Mursyid Tapsel berangkatkan 6 siswanya ke KSM Nasional 2016 di Pontianak (SDH), Kabupaten Tapanuli SelatanBupati Tapsel Apresiasi Prestasi Darul Mursyid (Tapsel) kembali mengukir prestasi Nasional dengan meraih medali 1 Emas, 2 Perak dan 3 Perunggu pada Kompetisi Sains MadrasahDarul Mursyid Tapsel berangkatkan 6 siswanya ke KSM Nasional 2016 di Pontianak (KSM) Tingkat Nasional di Pontianak, bertempat di Gedung Pontianak Convention Centre (PCC).

pembatas

Disampaikan Kepala Madrasah Aliyah (MA) Darul Mursyid, Husnil Walad yang langsung ikut dalam kontingan Sumut ke KSM Nasional 2016 di Pontianak tanggal 23-27 Agustus 2016 lalu bahwa KSM Nasional dibuka oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Syaifuddin yang diikuti sebanyak 33 provinsi di Indonesia.

Dimana, ucap Husnil Walad, utusan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terdiri dari 11 orang peserta, MI 2 siswa, MTs 3 orang, dan MA 6 orang. Dari 11 utusan Sumut, 6 orang diantaranya berasal dari PDM. Sumut akhirnya meraih 9 medali dan 6 medali diantaranya adalah siswa PDM, artinya keenam orang siswa PDM berhasil membawa pulang medali.

“Alhamdulillah, keenam siswa kita berhasil menggondol medali. Perolehan medali tersebut adalah untuk tingkat MTs diraih Raja Akbar meraih emas sekaligus The Best Theory dan Over All bidang studi Matematika, Fahri Husein meraih perunggu bidang studi Biologi, Aqnan Hamid meraih perunggu bidang studi Fisika. Sementara untuk tingkat MA, Adila Indah Sari meraih Perak bidang studi Ekonomi, Amril Dearsil meraih perak bidang studi Fisika, Rodhina Putri meraih perunggu bidang studi Kimia,” ujar Husnil Walad usai pengumuman yang disampaikan panitia KSM tanggal 26 Agustus 2016 lalu.

Pada saat yang sama, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Tapsel, Hilman SAg mengatakan, bahwa setiap tahun Darul Musryid berhasil mengangkat dan mengharumkan nama baik Tapsel di kancah Nasional dengan peraihan medali yang selalu mendominasi.

“Ini merupakan prestasi yang luar biasa dan patut dicontoh oleh madrasah yang ada di Sumut. Prestasi ini patut mendapat apresiasi dari pemerintah khususnya Pemkab Tapsel, baik kepada siswa maupun pada sekolahnya,” pungkasnya.

Di kesempatan yang lain, Wakil Direktur PDM, Suryadi mengatakan, bahwa keenam siswa PDM yang berhasil meraih medali akan menjadi catatan penting bagi sejarah pendidikan Provinsi Sumut dan Kabupaten Tapsel, juga pada PDM secara khusus dikancah Nasional.

Diutarakannya, bahwa secara keseluruhan tim KSM Provinsi Sumut memperoleh medali 1 Emas, 5 Perak dan 3 Perunggu dalam event ini. PDM sebagi penyumbang siswa terbanyak utusan Provinsi Sumut dan semuanya mempersembahkan medali. Sementara untuk 3 medali perak lainnya diraih oleh masing-masing MIN Medan, MAN 1 Medan dan MAN 2 Medan.

“Semenjak diberangkatkan, kami menyampaikan kepada mereka, bahwa mereka menjadi duta PDM dan membawa nama baik Provinsi Sumut untuk bertarung di level Nasional dengan MA/MTs se-Indonesia. Prestasi yang diraih nantinya akan menjadi kebanggan bagi orangtua, sekolah, Pemkab Tapsel, Provinsi Sumut. Untuk itu kami selalu berdoa dan terus memberikan support agar mereka terus semangat dan percaya diri untuk bersaing. Hasilnya sangat luar biasa, Allah SWT memberikan rahmat-Nya bagi PDM,” tutur Suryadi.

Kedepan, terangnya, PDM harus bekerja keras lagi untuk manambah torehan prestasi gemilang dan harus mampu menjadi yang terbaiks esuai visi PDM menjadi Pesantren Sains Terbaik di Indonesia dalam hal prestasi dan management.

Di tempat berbeda, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir), H. Jafar Syahbuddin Ritonga DBA selaku Badan Pengelola PDM mengatakan bahwa Darul Mursyid harus kembali bersinar dengan prestasi sainsnya dalam skala Nasional. Perolehan medali ini menambah pundi-pundi medali PDM ditingkat Nasional setelah tahun 2015 lalu PDM dengan mengutus 3 orang siswanya juga meraih 2 medali emas dan 1 medali perak dalam event yang sama.

“Syukur yang tak terhingga atas anugerah Allah SWT ini, PDM kembali dapat memberikan hasil terbaik pada KSM Nasional 2016 di Pontianak. Keberhasilan ini bukan hanya keberhasilan PDM tapi juga keberhasilan Provinsi Sumut, keberhasilan Kabupaten Tapsel di event Nasional. Prestasi yang diraih ini akan menambah semangat dan motivasi kami mengikuti event-event berikutnya. PDM harus terus berprestasi secara konsisten dan itu memang sudah menjadi tekad kami,” ucap H. Jafar.

  1. Jafar Syahbuddin yang juga Direktur PDM menambahkan bahwa PDM tidak boleh merasa puas dan berhenti sampai disini. Tantangan dan persaingan dikancah olimpiade sains akan semakin kompetitif dimasa yang akan datang. PDM harus mampu terus melahirkan bibit-bibit baru yang akan menorehkan prestasi sainsnya, dan tahun 2017 mendatang Darul Mursyid harus lebih bersinar kembali dalam event ini.

“Secara khusus bagi PDM bahwa KSM ini menjadi tolak ukur untuk melihat posisi prestasi PDM diantara ratusan bahkan ribuan MA, MTs dan Pesantren se-Indonesia dalam kompetisi sains. Kini nama Darul Mursyid (PDM) sudah tidak asing lagi bagi sekolah yang terus bergelut dibidang sains,” pungkas Jafar yang juga dosen pasca sarjana Universitas Harapan Medan ini.

Sementara itu, Ketua Badan Pendiri Yaspenhir, Hj Riana Siregar yang merupakan ibu Kandung H. Jafar Syahbuddin Ritonga juga turut mengungkapkan rasa bahagianya atas prestasi PDM.

“Alhamdullillah, semoga prestasi ini dapat menambah motivasi bagi siswa lainnya untuk menorehkan prestasi yang dapat membanggakan orangtua, kebanggaan bagi sekolahnya PDM dan masyarakat Sumut pada umumnya. Juga salut dan bangga saya kepada guru pembina di PDM yang terus menerus melahirkan generasi yang mampu bersaing skala Nasional,” tutup Hj Riana Siregar. (Borneo /rakyatsumut.com)


TERPOPULER MINGGU INI

To Top
Berita Rekomendasi:close