Berita Tabagsel

Hari Aksara Internasional (HAI) Ke – 48 Thn. 2013 Tingkat Prov. Sumatera Utara

Melalui Peringatan Hari Aksara Internasional ke-48, Kita Tingkatkan Keberaksaraan Masyarakat Abad 21 untuk Membangun Karakter Keunggulan Bangsa

pembatas

Sibuhuan – Sejak 8 September 1964, UNESCO menetapkan 8 September sebagai Hari Aksara Internasional. Penetapan tersebut dilakukan untuk mengingatkan dunia tentang pentingnya budaya literasi. Sebagai upaya keberaksaraan, UNESCO mencanangkan United Nations Literacy Decade (UNLD) atau Dekade Keaksaraan. Dekade ini ditujukan untuk meningkatkan tingkat melek aksara dan memberdayakan seluruh masyarakat. Pada awal UNLD, tahun 2003, ada 15,41 juta orang buta aksara di Indonesia. Pada tahun 2010, jumlah itu menyusut menjadi 7,54 juta orang. Artinya, Indonesia lebih cepat melampaui target Millenium Development Goals (MDGs) yang menyepakati penurunan 50 persen buta aksara pada tahun 2015.

Hari Aksara Internasional (HAI) ke-48 Tahun 2013, tingkat Provinsi Sumatera Utara 28-31 Oktober di Lapangan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kab. Padang Lawas rencananya akan ditutup langsung oleh Gubernur Sumatera UtaraGubsu Puji Pemilukada Paluta H. Gatot Pujo Nugroho, A.Md, S.T., M.Si dan dihadiri oleh Kepala Dinas PendidikanDisdik Paluta Gelar Olimpiade Sains Nasional Tingkat SMP Tahun 2014 Provinsi Sumatera Utara Drs. Mohammad Zein, M.SI

Bupati Padang Lawas H. Ali Sutan Harahap (TSO) menyatakan, terpilihnya Kabupaten Padang Lawas sebagai penyelenggara Hari Aksara Internasional ke–48 tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2013, menjadi kebanggaan serta menjadi sebuah pembelajaran bagi Kabupaten Padang Lawas.

“Bagi kami, pembelajaran terpenting dari seluruh proses perencanaan dan pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Aksara Internasional ini adalah bagaimana mempertemukan seluruh potensi pendidikan keaksaraan dalam jejaring kerjasama yang kuat dan penghargaan yang tulus satu sama lain demi suksesnya penyelenggaraan seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Aksara Internasional tingkat Jabar tahun ini,” katanya.

Ia juga turut mengucapkan rasa terima kasih kepada pemerintah provinsi Sumatera Utara atas kepercayaan kepada Kabupaten Padang Lawas untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan ini. “Kepercayaan ini merupakan kehormatan dan sumber motivasi bagi kami untuk terus berupaya meningkatkan perhatian dan dukungan terhadap peningkatan layanan pendidikan yang berkualitas, khususnya dalam bidang pendidikan nonformal,” ucapnya.

Selain itu, TSO juga mengungkapkan permohonan maaf atas kekurangan – kekurangan yang ada pada pelaksanaan kegiatan ini. “Kami telah berupaya seoptimal mungkin melaksanakan amanah sebagai penyelenggara peringatan Hari Aksara Internasional tingkat provinsi Sumut tahun ini sesuai dengan rencana, tujuan, dan sasaran yang telah ditetapkan. Namun demikian kami mohon maaf apabila ada kekurangan dalam pelaksanaanya,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Lawas, Drs. H. Khoiruddin Harahap juga mengungkapkan HAI ke-48 ini menjadi momentum peringatan kembali akan pentingnya pendidikan keaksaraan. Tentunya dalam arti Pendidikan keaksaraan yang sangat luas, bukan hanya untuk kelompok masyarakat penyandang niraksara, tetapi kepada seluruh masyarakat agar mau meningkatkan kemampuan “keberaksaraan”-nya sesuai dengan tingkatnya masing-masing.

Hari Aksara Internasional ke-48 tingkat Provinsi Sumatera Utara yang bertemakan “Keaksaraan abad 21 membangun karakter dan keunggulan bangsa” ini terlihat 33 peserta dari Kabupaten/Kota yang hadir menunjukkan keanekaragaman Stand masing-masing. Seperti Stand Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Lawas yang juga tuan rumah dalam acara HAI ke – 48 Sumut ini, sangat terlihat megah dengan seni budaya Kabupaten padang Lawas yang Khas dan dominan dengan budaya adat mandailing. Tidak kalah juga Stand Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai, Deli Serdang dan Stand-stand Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota lainnya.

Pada puncak acara ini juga direncanakan akan dilakukan penyerahan penghargaan Anugrah Aksara kepada bupati di antaranya Bupati Padang Lawas H. Ali Sutan Harahap (TSO) untuk kategori Pratama. Lomba keberaksaraan Peserta Didik Pendidikan Keaksaraan oleh Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujonugroho, ST



TERPOPULER BULAN INI

To Top
Berita Rekomendasi:close