Berita Tabagsel

Ini program studi yang diakreditasi di STKIP Tapsel

Pelaksanaan akreditasi Prodi Pendidikan Fisika dan Pendidikan Biologi STKIP Tapsel yang dihadiri dua tim aseor, Kamis (15/6).

Padangsidimpuan – STKIP Tapanuli Selatan melaksanakan akreditasiAkreditas MA Darul Mursyid Tapsel meningkat terhadap dua prodi, yakni Prodi Pendidikan Fisika dan Prodi Pendidikan Biologi.

pembatas

Akreditasi Program Studi (Prodi) yang dihadiri langsung Tim Asesor berlangsung selama dua hari, mulai Rabu (14/6) dan Kamis (15/6), di STKIP Tapsel.

Dr Mitra Yana MSi dan Dr Parno MSi MPd sebagai Asesor Prodi Pendidikan Fisikan. Dan Prodi Pendidikan Biologi asesornya Prof Dr Zulkifli Dahlan MSi DEA d dan Dr Samingan MSi.

Ketua Yayasan Al-Iman Padangsidimpuan H Syahrul Hadi Lubis, dalam menyambut asesor akreditasi berharap agar kedua Prodi Pendidikan Fisika dan Pendidikan Biologi mendapatkan akreditasi yang lebih baik.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua STKIP Tapsel Drs Mhd Nau Ritonga MM yang mengharapkan agar kedua program studi (Prodi) Pendidikan Fisika dan Pendidikan Biologi ini mencapai akreditasi yang lebih baik dari akreditasi yang telah dilaksanakan beberapa tahun yang lalu.

Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi, sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.

Akreditasi program studi adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen program studi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program akademiknya.

Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi program studi dilakukan oleh Tim Asesor yang terdiri atas pakar sejawat dan pakar yang memahami penyelenggaraan program akademik program studi.

Keputusan mengenai mutu didasarkan pada evaluasi dan penilaian terhadap berbagai bukti yang terkait dengan standar yang ditetapkan dan berdasarkan nalar dan pertimbangan para pakar sejawat.

Bukti-bukti yang diperlukan termasuk laporan tertulis yang disiapkan oleh program studi yang diakreditasi, diverifikasi dan divalidasi melalui kunjungan atau asesmen lapangan tim asesor ke lokasi program studi.

Selanjutnya Ketua Program studi pendidikan Fisika Sri Asmaida SPd MPd menyampaikan, setelah ketua prodi beserta jajarannya sudah membuat borang dan melengkapi segala komponen yang diminta dalam borang telah berusaha untuk melengkapi untuk itu harapan dari prodi Pendidikan Fisika semoga mendapatkan hasil yang lebih baik atau meningkat.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) adalah lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengevaluasi dan menilai, serta menetapkan status dan peringkat mutu program studi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan. Dengan demikian, tujuan dan manfaat akreditasi program studi adalah sebagai berikut.

Memberikan jaminan bahwa program studi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT dengan merujuk pada standar nasional pendidikan yang termaktub dalam Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan program studi yang tidak memenuhi standar yang ditetapkan itu. Mendorong program studi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi

Ketua Program Studi Pendidikan Biologi Dwi Ratna Anjani Kusima SSI MSi saat itu menyampaikan pesan lewat pantun, ‘makan bubur minumnya tes manis’. “Semoga visitasi hari ini berjalan lancar dan hasilnya manis,” ujarnya.

Hasil akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi yang lain.

Mutu program studi merupakan cerminan dari totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses, keluaran, hasil, dan dampak, atau layanan/kinerja program studi yang diukur berdasarkan sejumlah standar yang ditetapkan itu. Dalam melaksanakan keseluruhan proses akreditasi pogram studi pendidikan Fisikaw dan pendidikan Biologi terdapat beberapa aspek pokok yang perlu diperhatikan oleh setiap pihak yang terkait, yaitu asesor, program studi diploma yang diakreditasi, dan BAN-PT sendiri.

Ketua Juruan Pendidikan Biologi menjelaskan aspek-aspek pelaksanaan akreditasi tersebut yaitu, standar akreditasi program studi diploma yang digunakan sebagai tolok ukur dalam mengevaluasi dan menilai mutu kinerja, keadaan dan perangkat kependidikan program studi.

Prosedur akreditasi program studi yang merupakan tahap dan langkah yang harus dilakukan dalam rangka akreditasi program studi, instrumen akreditasi program studi yang digunakan untuk menyajikan data dan informasi sebagai bahan dalam mengevaluasi dan menilai mutu program studi diploma.

Disusun berdasarkan standar akreditasi yang ditetapkan, kode etik akreditasi program studi diploma yang merupakan aturan main untuk menjamin kelancaran dan objektivitas proses dan hasil akreditasi program studi.

Drs Dunia Siagian MPd selaku Kepala Unit Humas/Kemitraan pada STKIP juga mengharapkan agar STKIP Tapanuli Selatan dapat menjadi akreditasi yang lebih baik. “Semoga STKIP Tapsel semakin jaya,” sebutnya. [metrotabagsel.com]



TERPOPULER BULAN INI

To Top
Berita Rekomendasi:close