Berita Tabagsel

Tambang emas Martabe Tapsel gelar Gema Ramadhan 2017

Para peserta mendapatkan pelatihan cara melaksanakan fardhu kifayah atau pelatihan mengurus jenazah menurut tata cara Islam serta pelatihan memberikan khotbah Jum,at pada acara Gema Ramadhan 2017 yang diselenggarakan PT. AR, Rabu (14/6). (Foto: Riswandy)

Tapanuli Selatan – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriah, PT Agincourt ResourcesTingkatkan derajat petani, tambang emas Martabe Tapsel gelar karya tani mandiri, sebagai pengelola Tambang Emas MartabeTambang emas Martabe konsisten transparansi pengelolaan lingkungan berkelanjutan menggelar acara Gema Ramadhan 2017 yang meliputi kegiatan keagamaan keislaman yang bersifat edukatif bagi para remaja serta masyarakat di Kecamatan Batangtoru dan Kecamatan Muara Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

pembatas

Hal itu dikatakan Manajer Senior Hubungan dan Pengembangan Masyarakat PT Agincourt Resources, Pramana Triwahjudi, di sela-sela acara Gema Ramadhan 1438-H di Kantor Kecamatan Batangtoru kabupaten Tapsel, Rabu (14/6).

Dikatakannya, Gema Ramadhan 2017 ini dilaksanakan dengan melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Batangtoru dan Lembaga Konsultasi Masyarakat MartabeTingkatkan derajat petani, tambang emas Martabe Tapsel gelar karya tani mandiri (LKMM) serta tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

“Program Gema Ramadhan 2017 ini digelar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dengan kegiatan yang bersifat edukatif. Di samping tentunya untuk mengeratkan hubungan antara PT Agincourt Resources selaku operator Tambang EmasTingkatkan derajat petani, tambang emas Martabe Tapsel gelar karya tani mandiri Martabe dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat, pemuka agama dan juga Muspika,“ katanya.

Selain itu menurutnya, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para remaja serta masayarakat dalam mempraktekkan ajaran Islam, khususnya dalam hal membina generasi muda dalam peningkatan kualitas keislaman, apalagi beberapa waktu sebelumnya telah digelar konser music religi yang menampilkan artis Opick sebagai puncak dari rangkaian acara lomba musik religi.

Ditambahkannya, rangkaian acara Gema Ramadhan 2017 berangsung selama 13 hari (5 s/d 17 Juni 2017). Kegiatan diawali dengan Madrasah Ramadhan atau pesantren kilat bagi remaja yang berlangsung selama 4 hari, di mana para remaja mendapatkan pelatihan cara melaksanakan fardhu kifayah atau pelatihan mengurus jenazah menurut tata cara Islam serta pelatihan memberikan khotbah Jumat.

Selain Madrasah Ramadhan, kegiatan lainnya yang diselenggarakan adalah Lomba MTQ tingkat remaja, Lomba Hafalan Alquran tingkat anak-anak dan remaja, Lomba Pidato Dai Chilik, serta Lomba Adzan.

Para peserta pelatihan berasal dari sekitar 15 desa lingkar tambang dengan jumlah total 110 peserta. Sementara para pemberi pelatihan adalah Ketua MUI Batangtoru dan Muarabatangtoru serta para ustadz setempat dan yang terlibat langsung dalam kegiatan ini mencapai 369 peserta dan pelatih yang terdiri dari remaja putra dan putri dari 32 desa di dua kecamatan.

“Rencananya puncak kegiatan ini adalah pada 17 Juni 2017 yang ditandai dengan pemberian hadiah serta penghargaan bagi para pemenang lomba dan bagi Tambang Emas Martabe kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka meningkatkan hubungan dengan masyarakat lokal melalui serangkaian kegiatan keagamaan,“ tandas Pramana

Sementara Ketua MUI Batangtoru, Bachtiar Siregar mengucapkan banyak terima kasih dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT Agincourt Resources karena sudah membantu terselenggaranya kegiatan ini di mana merupakan salah satu program dari pada MUI.

Senada dengan itu, Camat Batangtoru Yamin Batubara juga mengapresiasi dukungan PT Agincourt Resources untuk program Gema Ramadhan 2017, sebagai bentuk program Corporate Soscial Responsibility (CSR) di Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru.

“Kami berharap, PT Agincourt Resources, sebagai pengelola Tambang Emas Martabe terus berkomitmen untuk memberikan perhatian kepada masyarakat, tidak saja di Batangtoru, tapi di wilayah lainnya,“ jelas Yamin. [harian9.com]



TERPOPULER BULAN INI

To Top
Berita Rekomendasi:close