707 Atlet dan Ofisial Ramaikan Porkab Tapsel 2014

TAPSEL – Sebanyak 707 atlet dari 14 kecamatan di Kabupaten Tapsel ikut meramaikan Pekan Olah Raga Kabupaten (Porkab) Tapsel 2014 yang digelar di Batang Angkola.

Bupati H Syahrul M Pasaribu SH, secara resmi membuka Porkab itu di Lapangan Sepakbola Sarasi II, Kelurahan Bintuju Muaratais, Kecamatan Batang Angkola, Sabtu (26/4) lalu.

Pada pembukaan tersebut Bupati bersama Wakil Bupati Aldinz Rapolo Siregar, Ketua DPRD Rahmat Nasution, Sekdakab Aswin E Siregar, Ketua KONI Tapsel diwakili Ahmad Jais dan Kadis Pemuda Olahraga Ginda Uli Pasaribu, melakukan pelepasan balon berhadiah.

“Tahun ini merupakan tahun kedua kebangkitan olahraga Tapsel. Saya harap Porkab ini melahirkan atlet berprestasi yang nantinya bisa membawa dan mengharumkan nama daerah di tingkat provinsi dan nasional,” ujar Syahrul.

Pada pembukaan itu juga Syahrul meminta kepada seluruh peserta dari 14 kecamatan se-Tapsel, untuk menjunjung tingi jiwa sportifitas dan fair play. Panitia juga harus memberikan pelayanan terbaik kepada atlet dan pendampingnya. Termasuk dewan juri yang harus netral.

“Kepada seluruh atlet, tunjukkan segala kemampuan yang dimiliki. Jangan berbuat curang, karena prestasi yang didasari kecurangan akan berbuah tidak baik atau jelek. Selamat bertanding dan unjuk prestasi,” ucap Syahrul.

Sementara Kadispora Ginda Uli Pasaribu mengatakan, Porkab ini diikuti 707 peserta dari 14 kecamatan. Dengan rincian 494 atlet putra, 97 putri, dan 116 orang pendamping (official).

“Porkab 2014 ini digelar selama lima hari, Sabtu (26/4) sampai hari ini (30/4) dengan tuan rumah Kecamatan Batang Angkola. Tema tahun ini adalah ’bangkit, bersatu dan budayakan olahraga untuk meraih puncak prestasi’.

Dia menambahkan, ada tujuh cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu atletik, tenis meja, bola voli, sepakbola, pencak silat, catur dan bulutangkis. Dimana, selain sepakbola di Lapangan Sarasi II, semua pertandingan dipusatkan di Ponpes Modern Baharuddin Janji Mauli Muaratais. Ketua DPRD Tapsel Rahmat Nasution pada kesempatan itu menegaskan bahwa pihaknya mendukung penuh program Pemkab Tapsel di bidang olahraga.

APBD 2014 merupakan tahun anggaran yang kelima kalinya menampung dana pembinaan dan penghargaan bagi atlet dan pelatih berprestasi. “Dengan olahraga, masyarakat sehat dan atlet dapat menunjukkan bakat serta prestasinya. Belum tentu semua daerah peduli dengan bidang olahraga, terutama nasib para atlet dan pelatih berprestasi,” terangnya.

Ketua dan Sekretaris Panitia, Syariful Awal Hasibuan dan Taufik Nasution mengatakan, hadiah yang diperebutkan para peserta berupa piala bergilir bagi juara umum. Piala tetap, medali, dan piagam bagi juara I, II, dan III setiap cabang olahraga (cabor).

Ketua KONI Tapsel, Zulkifli Lubis, dalam amanat tertulis yang dibacakan Ahmad Jais mengatakan, Porkab merupakan agenda tahunan terbesar di tingkat Tapanuli Selatan. Ajang ini, bagi KONI, untuk menjaring atlit berbakat dan berprestasi di tiap cabor. “KONI membina seluruh atlet yang ‘terjaring’ di Porkab ini. Bakat mereka akan dikembangkan, sehingga bisa berprestasi di setiap even tingkat daerah, provinsi, nasional, dan internasional,” pungkasnya menjelaskan. (ran) (Metrosiantar.com)

Jangan Lupa share ke temanmu,
Dan dapatkan Update Berita Terbaru Via Twitter, Follow Kami di:

Share this post:


Recent Posts