Air terjun Siondop, tempat wisata alam Tapsel yang jarang diketahui

  • 0 replies
  • 73 views

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

*

Sipirok

  • *****
  • 316
  • Dok ma sidohononmu
    • Sipirok.net
Air Terjun Siondop (Sibara-Bara), berlokasi di Hutan Konservasi Siondop, Tapanuli Selatan. Wisata air yang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan, memiliki keindahan alam mempesona dengan suguhan flora fauna.

Keasrian ekosistem di kawasan Tapanuli Selatan akan membawa anda pada satu pengalaman tak terlupakan.

Air Terjun Siondop berada di Desa Pardomuan Kecamatan Siais Kabupaten Tapanuli Selatan. Apabila berangkat dari kota Medan, silahkan menggunakan transportasi darat dengan menggunakan bus umum dengan tujuan Sipirok Tapanuli Selatan dilanjutkan dengan perjalanan menuju Desa Pardomuan di kecamatan Siais dimana objek wisata ini berada.

Perjalanan menuju tempat wisata akan cukup melelahkan, melewati areal hutan lebat dengan curah hujan hutan tropis. Tidak ada angkutan langsung menuju objek wisata sehingga anda harus melakukan kegiatan tracking.

Tak ada fasilitas umum bagi wisatawan, namun sila mencoba menginap di rumah-rumah warga setempat sekaligus merasakan bagaiman menghablur dengan masyarakat Tapanuli Selatan.

Unik, air terjun beranama Siondop ini berbeda dengan air terjun pada umumnya. Memiliki warna hitam kecoklatan.

Namun pemandangan tersebut disebabkan karena bebatuan disekitar air terjun yang memang berwarna hitam sehingga membiaskan warna dari air yang sebenarnya jernih.

Di sekitar aliran air terjun terdapat banyak bebatuan granit berukuran besar, salah satu kegiatan yang layak dilakukan adalah memancing ikan yang tinggal disekitar bebatuan besar tersebut. (Thomson Edu /PariwisataSumut)