124 Km Jalan Provinsi di Paluta Rusak Parah

  • 0 replies
  • 73 views

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

*

Sipirok

  • *****
  • 316
  • Dok ma sidohononmu
    • Sipirok.net
124 Km Jalan Provinsi di Paluta Rusak Parah
« on: October 20, 2017, 02:00:57 PM »
PALUTA – Sepanjang 124 km jalan provisi di Kabupaten Paluta belum ditangani dengan baik. Kondisi jalan masih rusak parah. Padahal, dana yang dikucurkan untuk pemeliharaan ruas jalan di daerah ini cukup besar, bahkan diduga fiktif.

“Kondisi jalan provinsi di Paluta masih banyak yang rusak dan tidak terpelihara dengan baik,” kata Ketua LSM Gempar Paluta Ramlan Pulungan SH, Kamis (19/10) menyikapi kondisi jalan di daerah itu.

Sepanjang 124 Kilometer jalan Provinsi di Paluta yang terbagi menjadi lima ruas jalan, kondisinya tidak terpelihara. Yakni, ruas Jalan Provinsi Hutaimbaru-Sipiongot sepanjang 38 Km, Sipiongot-Janji Manahan 22 Km, Sipiongot-Tolang 12 Km, Gunung Tua-Batas Palas 20 Km dan Aek Godang Sosopan 32 Km.

Padahal, dana yang dikucurkan untuk pemeliharaan jalan provinsi dan jembatan melalui anggaran UPT Dinas Binamarga dan Bina Kontruksi Gunung Tua mencapai Rp8 miliar per tahun.

“Melihat jumlah dana yang dikucurkan untuk pemeliharaan jalan dan jembatan tersebut sudah pantas jalan di daerah bagus-bagus. Namun hal itu jauh dari kenyataan, kondisinya masih rusak dan tidak terpelihara. Terutama di tiga ruas jalan provinsi di Sipiongot,” terangnya.

Hal yang sama juga diungkapkan sejumlah masyarakat Sipiongot. Mereka mengaku tidak pernah menikmati jalan yang bagus selama Indonesia Merdeka.

“Apanya yang paten. Kondisi jalan saja rusak bahkan tidak bisa dilintasi,” ujar pria bermarga Rambe warga Sipiongot, Kecamatan Dolok.

Seperti ruas Jalan Provinsi Sipiongot-Tolang dan Sipiongot-Janji Manahan yang kondisinya rusak dan tidak pernah tersentuh pemeliharaan dan pembangunan. Padahal, jalan itu merupakan aksek masyarakat sehari-hari untuk membawa hasil bumi dan bahkan merupakan jalan penghubung antar Kabupaten Paluta, Labuhan Batu dan Tapsel.

“Kami meminta kepada Gubernur Sumatera Utara untuk terjun langsung ke lapangan guna mengecek kebenarannya,” harapnya. (ais/mt)


Sumber: http://www.metrotabagsel.com/news/padang-lawas-utara/2017/10/20/19074/124-km-jalan-provinsi-di-paluta-rusak-parah/