Kuliner

Ikan mas sinyarnyar, kuliner khas dari Sipirok Tapanuli Selatan

Gambar ikan mas sinyarnyar Sipirok, Tapanuli Selatan

Ikan bakarIkan Holat, makanan para raja khas Tapanuli Selatan sinyarnyarSambal Tuktuk, masakan khas Tapanuli yang rasanya luar biasa atau yang disebut andalimanSambal Tuktuk, masakan khas Tapanuli yang rasanya luar biasa merupakan salah satu jenis makanan khas dari tanah Sipirok, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Makanan ini termasuk menu  spesial di wilayah Sipirok. Pasalnyam ikan bakar diolah dengan bumbu sinyarnyar.

pembatas

Sajian ikan bakar sinyar-nyar berbeda dengan sajian ikan bakar lainnya. Bumbu yang digunakan terlihat berminyak keemasan dengan bintik-bintik kehijauan sinyar-nyar menambah apik sajian ikan bakar dari Sipirok tersebut.

Begitu mencicipi, rasa sedikit pedas langsung terasa bagi para pengunjung yang datang. Selanjutnya, lidah akan tersengat getah sinyarnyar yang menjadi bumbu utama ikan bakar tersebut.

Anehnya sengatan itu justru memompa liur dan menagih suapan berikutnya. Semakin lidah terajam, justru semakin menagih. Ketelatenan para juru masak menekuni perapian dan mengaduk ikan bakar sinyar-nyar membuat bumbunya sungguh meresap.

Lenny Wahyuni Nasution, salah seorang pengunjung yang datang jauh-jauh dari kota Padangsidimpuan hanya untuk mencicipi ikan bakar yang khas ini. Dia juga mengatakan di waktu libur selalu menyinggahi rumah makanIkan Holat, makanan para raja khas Tapanuli Selatan ini.

Dia mulai ketagihan makan ikan bakar sinyar-nyar setelah suaminya membawanya ke rumah makan yang berada di jalan lintas sumatera sipirok tersebut.

“Rasanya sangat unik dan berbeda dengan ikan bakar lainnya yang ada di indonesia. Makanya, setiap liburan saya selalu datang ke tempat ini,” kata Lenny Wahyuni.

Tempat ini bisa jadi tempat bagi anda bersama keluarga untuk mencoba sensasi ikan bakar andaliman khas tapsel yang dibandrol Rp.30.ribu/porsi. (ftr /Okezone)



TERPOPULER BULAN INI

To Top
Berita Rekomendasi:close