Sipirok, Tapanuli Selatan

Sipirok adalah sebuah kecamatan, sekaligus pusat pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan125 Prajurit TNI Tapsel Jalani Tes Urin, Sumatera UtaraPulau Sumatera Miliki Zona Urat Emas Aceh-Lampung, IndonesiaIran Mengaku Dapat Dukungan Indonesia dalam Perundingan Nuklir. Di kecamatan ini terdapat Danau MarsabutDanau Marsabut, wisata alam Sipirok Tapanuli Selatan. Kecamatan ini merupakan tempat lahir Merari Siregar, seorang pengarang angkatan Balai Pustaka. Luat Siregar, wali kotaMahasiswa Minta Kadis Pendidikan Sidimpuan Dicopot MedanKekecewaan Terhadap PLN Membanjiri Status BBM Warga Sumut dari 3 Oktober 1945 hingga 10 November 1945, juga lahir di kecamatan ini. Lafran PaneSutan Pangurabaan Pane Juragan Media Cetak dari Sipirok Pendiri Organisasi MahasiswaDemo, Mahasiswa Bakar Boneka Jerami di Palas tebesar se Indonesia yakni Himpunan Mahasiswa Islam ( HMISutan Pangurabaan Pane Juragan Media Cetak dari Sipirok ) juga lahir dari daerah ini, serta banyak tokoh16 Persamaan Manga One Piece dan Naruto besar lainnya seperti Hariman Siregar tokoh besar Pergerakan Mahasiswa yang diingat sejarah dalam peristiwa “MALARI” dan menjadi rujukan pergerakan hingga masa reformasi ini, juga berasal dari wilayah ini.

Ciri khas'Kue Lapan-lapan', makanan tradisional Sipirok yang manis dan renyah dari kecamatan ini adalah aek milas (pemandianPotensi Aek Milas Sipirok masih terkubur yang mengandung belerang) salah satunya aek milasPotensi Aek Milas Sipirok masih terkubur parandolok.

Sejarah

Sipirok pada awalnya adalah sebuah Kecamatan (salah satu Kecamatan) di Kabupaten Tapanuli SelatanJudi di Tapsel semakin menjamur, lima warga diciduk dalam sehari, Provinsi Sumatera UtaraSutias lantik Ketua TP PKK Paluta. Setelah Kota PadangsidimpuanJalinsum Situmba Sipirok Rusak burubah menjadi Kota Madya (yang sebelumnya adalah ibuSejarah Lahirnya Hari Ibu 22 Desember kota Kabupaten Tapanuli Selatan), kemudian Sipirok berubah menggantikan menjadi ibu kota Kabupaten Tapanuli Selatan.

Sejak Sipirok menjadi ibu kota Kabupaten Tapanuli Selatan, sejumlah kantor pemerintahan di Kabupaten Tapanuli Selatan (TapselPulau Sumatera Miliki Zona Urat Emas Aceh-Lampung) di pindahkan dari Kota PadangsidimpuanKPU Sidimpuan Tetapkan 143.353 Pemilih ke Sipirok. Pemindahan ini direalisasikan di pertengahan tahun 2014. Sejumlah kantor yang di pindahkan tersebut adalah Sekretariat Pemkab TapselBupati pilih dan lantik Porang Pane sebagai corong informasi Pemkab Tapsel, kantor DPRDBeri Dukungan, PKS Sumbang Jilbab untuk Polwan , Badan Perencanaan PembangunanLima sampai sepuluh tahun lagi, Sipirok bakal maju pesat Daerah (Bappeda), Dinas Kesehatan2014, Pusat Pemerintahan Tapsel Pindah ke Sipirok (DinkesKantor Disdik dan Dinkes Tapsel diacak-acak maling, dokumen berantakan), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah2014, Pusat Pemerintahan Tapsel Pindah ke Sipirok (BPKAD2014, Pusat Pemerintahan Tapsel Pindah ke Sipirok), Satuan PolisiLaporkan jika personil Pos PAM Tapsel tidak melayani dengan baik Pamong Praja (Satpol PPSatpol PP tak miliki data, papan reklame tak berizin di Tapsel belum ditertibkan), dan Dinas Catatan Sipil dan Departemen Tenaga Kerja.

Geografi

Sipirok terletak di dataran tinggi (berhawa sejuk/dingin), karena terletak di lembah gunungTor Simago-mago, objek wisata alam Sipirok yang semakin 'tenggelam' Sibualbuali yang masih aktif. Daerah ini dihuni oleh kebanyakan masyarakat dengan Marga Siregar dan Marga Huta Suhut. Bahasa BatakXanana Gusmao diangkat jadi sesepuh Orang Batak yang digunakan di Sipirok adalah bahasa Batak AngkolaRatusan rumah di Tapsel banjir (bahasa Batak Toba dan bahasa Batak Mandailing sedikit digunakan/di daerah tertentu saja), namun Masyarakat Sipirok masih mengerti bahasa Toba dan Mandailing. Masyarakat Sipirok di kenal sebagai Suku Batak Angkola.

Sumber Daya Alam di Sipirok bisa di katakan baik. Air pegunungan yang bersih dan sejuk mengalir untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat dan tidak pernah habis. Gunung SibualbualiMengungkap kekayaan alam di hutan cagar alam Gunung Sibualbuali Sipirok yang masih aktif juga mengalirkan air panas alami yang dikenal dengan “aekAek Parsariran, pemandian alam di Tapsel yang kurang terkelola milas” Padang bujurPotensi wisata Gunung Sibual-buali Sipirok Tapanuli Selatan dan “aek milas” Sosopan, sebagai objek wisataDanau Siais, objek wisata di Tapanuli Selatan.

Keanekaragaman hayati yang begitu besar di mana terdapat Cagar AlamEkspedisi Meraba Sipirok ke Kawasan Aek Bariba DolokPotensi wisata Gunung Sibual-buali Sipirok Tapanuli Selatan Sibualbuali yaitu sebuah kawasan hutan konservasiPelepasan tanah di Aek Sabaon Tapsel jangan sampai tersangkut masalah hukum seluas 5.000 Ha yang kaya10 Unsur Indonesia di Film One Piece akan keanekaragaman Flora dan Fauna, di sahkan melalui Surat Keputusan Menteri PertanianMahasiswa STPP Medan kawal Upsus di Tapsel Nomor 215/Kpts/Um/4/1982 pada tanggal 6 April 1982. Kawasan hutanBupati Tapsel imbau masyarakat lestarikan hutan ini berbatasan langsung dengan:

Hutan ini merupakan tipe hutan hujan basah dengan curah hujanCurah Hujan di Sipirok Tinggi Berkah Bagi Petani tinggi. Berketinggian antara 700 – 1.700 mdpl dengan kontur pegunungan terdiri dari banyak lembah dan jurang yang dalam. Pepohonan yang tumbuh rapat dan menjulang tinggi dengan lantai hutan yang banyak ditumbuhi tumbuhan perdu. Pada puncak – puncaknya sering ditutupi kabut walaupun di siang hari panas terik. Kabut akan semakin tebal bila musim hujan tiba. Itu sebabnya batang pepohonan disini tertutup oleh lumut yang cukup tebal. Bentang hutan ini dapat kita lihat dari Kota SipirokKonflik dengan PT TPL, Warga Sipirok Merasa Dikibuli Polres Tapsel.

Ada banyak keanekaragaman flora dan fauna. Di antaranya terdapat pohon berdiameter raksasa yaitu pohon meranti, salah satu di antara jenis pohon yang biasanya menjadi sasaran utama pembalak hutan masih banyak dijumpai dihutan ini dengan ukuran yang besar. Sedangkan fauna nya terdapat beragam jenis burung, mamalia hingga serangga. Keistimewaan hutan ini adalah di mana masih terdapat satwa langka di lindungi, sebut saja Orangutan SumateraPulau Sumatera Miliki Zona Urat Emas Aceh-Lampung (pongo abelii) satwa langka Orangutan atau dalam bahasa lokal disebut Mawas, Harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae) di sebut juga Babiat ( oppui ), Tapir (tapirus indicus) disebut juga Sipan , Rangkong Badak (buceros rhiniceros) dan juga berbagai jenis primata seperti Siamang, Sarudung, kukang dll.

Perkebunan

Gunung Sibualbuali yang masih aktif di Sipirok membuat tanah di daerah ini sangat subur. Salah satu hasil perkebunan yang terkenal dari sipirok yaitu KopiBerkebun Kopi Ateng di Desa Huraba Sipirok Sipirok yang di kenal dengan ciri khas rasanya yang berbeda dengan daerah lain. Tanaman padi yang tumbuh di Sipirok juga terkenal dengan kualitasnya, masyarakat Sipirok mempunyai padi/beras “Silatihan” (dinamakan beras “Silatihan” / Dahanon Silatihan). Makanan khas yang terkenal dari daerah ini adalah “Lomang” (makanan yang dimasak dalam bambu panjang dari beras pulut dan santan) dan dimakan dengan gula atau dengan bumbu rendang. Makanan ini biasa di masak menjelang hari Raya Idul Fitri atau LebaranLaporkan jika personil Pos PAM Tapsel tidak melayani dengan baik atau biasa juga di jual di pasar besar. Makanan lainnya yaitu “PanggelongPanggelong, makanan khas Sipirok yang mengandung banyak gizi” dan “Golang golang” yang terbuat dari tepung beras. Makanan khas lainnya yang terkenal adalah “Ikan Arsik” (Ikan Mas yang di masak Arsik) dengan rempah rahasianya yaitu menggunakan “SinyarnyarIkan mas sinyarnyar, kuliner khas dari Sipirok Tapanuli Selatan”. Ikan Arsik ini juga sering disuguhkan dalam acara adat. Karena daerah Sipirok berhawa dingin, ada makanan yang di minati kebanyakan masyarakatnya yaitu “sambal gaor”, keripik singkong yang di goreng kemudian di “gaor” atau di aduk dengan sambal cabe yang di masak terpisah. Ada juga keripik sambal yang di kenal dengan merk Sambal Taruma. Ciri khas kerajinan asal Sipirok yaitu Tenun Ulos dan Tenun Silungkang serta kerajinan yang terbuat dari manik-manik.

Kecamatan Sipirok juga menghasilkan karet (dalam jumlah kecil) dan kopi. Di kecamatan Sipirok dibangun pusat produksi kerajinan di bawah naungan BUMDBUMD Tapsel: Per Hektare Bisa Hasilkan 50 Ton Ubi Kayu Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan. Sudah banyak memproduksi speed boat, kursi, meja, dan peralatan rumah tangga lainnya. selain itu, sebenarnya kecamatan Sipirok juga mempunyai potensi pertanian yang besar, akan tetapi sampai sekarang potensi tersebut belum dimanfaatkan secara optimal.

Kecamatan Sipirok juga terkenal dengan hasil kerajinan industri kecilnya seperti pengrajin manik-manik, pengrajin ulos, dan keramik.

Budaya

Di sini juga terdapat rumah adat tradisional'Kue Lapan-lapan', makanan tradisional Sipirok yang manis dan renyah Batak Angkola yang disebut Bagas Godang (bahasa Angkola yang artinya Rumah Besar). (Sumber: Wikipedia Indonesia)

To Top