Sipirok

Konflik dengan PT TPL, Warga Sipirok Merasa Dikibuli Polres Tapsel

SIPIROKBerkebun Kopi Ateng di Desa Huraba Sipirok | DNA – Konflik antarwarga Kota Sipirok dengan pihak PT.TPLTim Pengawas Independen Dukung TPL Lestarikan Lingkungan di Kawasan HTI (Toba Pulp LestariTim Pengawas Independen Dukung TPL Lestarikan Lingkungan di Kawasan HTI), akan terus berlanjut. Terlebih, setelah warga merasa dikibuli oleh PolresLaporkan jika personil Pos PAM Tapsel tidak melayani dengan baik Tapanuli SelatanAir terjun Silima-lima, 'harta karun' tersembunyi Tapanuli Selatan (TapselBerkebun Kopi Ateng di Desa Huraba Sipirok) soal undangan mediasi pertapakan kantor Bupati TapselBupati apresiasi DPRD Tapsel, ternyata, yang dibicarakan soal blockade truk-truk milik PT TPL.

“Kami merasa dikibuli Polres Tapsel255 personel siap amankan lebaran di Tapsel, jangan pakai perhiasan berlebihan. Karena itu, kami tidak menginginkan truk-truk pengakut kayu milik PT TPL melintas dari kawasan Sipirok,” kata warga kepada wartawan.

Warga mengatakan, pihaknya mendapat undangan ditandatangani Wakapolres Kompol Zainuddin, S.Ag No. B/233/V/2012/Reskrim tanggal 14 Mei 2012 perihal mediasi permasalahan pertapakan kantor BupatiBiaya Penanganan Longsor di Kantor Bupati Pakpak Bharat Tanpa Konsultasi Tapsel di Dusun Kilang PapanPemkab Tapsel Galakkan Gerakan Perempuan Menanam Pohon Desa SitumbaJalinsum Situmba Sipirok Rusak.

Undangan mediasi itupun disambut baik warga, dengan harapann agar warga yang sampai kini banyak yang mengungsi, bisa pulang. Kemudian, mereka beramai-ramai datang ke Polres Tapsel. Apalagi Kapolres AKBP Drs Subandriya pada acara sebelumnya di PolsekBupati Batubara OK Arya Zulkarnain Dituduh Pakai Ijazah Palsu Sipirok bahwa tujuan mediasi adalah terwujudnya perdamaian warga Sipirok dengan Pemkab TapselDPR-RI desak Pemkab Tapsel relokasi makam.

Sejumlah tokoh16 Persamaan Manga One Piece dan Naruto warga Sipirok seperti Ridwan Harahap, Ramli Siregar, Rahmat Siregar, Boby Siregar, Baginda Syarif Siregar, Baginda Maulana, Mangaraja Hurning, Ismail Sitompul, Sahat Siregar, Bangun Harahap, Mangaraja Pinayungan dkk datang  ke Mapolres Tapsel di Jl. SM RajaIkan Holat, makanan para raja khas Tapanuli Selatan Kota PadangsidimpuanRealisasi BKP Untuk Sidimpuan Masih 58,8 Persen.

Namun, begitu warga sampai di Aula Mapolres Tapsel, sempat heran melihat sejumlah staf PemkabTambang emas Martabe serahkan 4 proyek CSR ke Pemkab Tapsel Tapsel dan Dinas Kehutanan Tapsel seperti Kabag Hukum Hamdan Zein, Kabid Perencanaan Agus Salim Siregar, Kepala Wilayah HutanBupati Tapsel imbau masyarakat lestarikan hutan AngkolaSutan Pangurabaan Pane Juragan Media Cetak dari Sipirok Timur Irawadi, bahkan manager TPL Sektor Padangsidimpuan, James Tampubolon, Kordinator Humas PT.TPL Bekman Ritonga berikut sejumlah pegawai TPL.

Rupanya, undangan Kapolres TapselPenanganan korupsi pasar Situmba Sipirok terkesan lamban itu bukan membicarakan mediasi pertapakan kantor Pemkab Tapsel, melainkan soal pemblokiran jalanJalan Sihoringkoring akan di aspal hotmix terhadap truk-truk pengangkut kayu milik PT.TPL.

“Kami dikibuli Kapolres. Dalam undangan disebutkan untuk mediasi soal pertapakan kantor Bupati TapselBupati Tapsel lantik enam pejabat eselon III, ternyata yang dibicarakan soal blockade jalan pengangkut kayu milik PT TPL. Kami tidak memilih keluar,” kata mereka. Blokade jalan mereka lakukan pada 2 Mei 2012.

Mereka menegaskan, selama belum ada perdamaian dan situasi warga Kota Sipirok masih tegang dan resah, maka guna tidak memancing ledakan konflik di tengah masyarakat sebaiknya angkutan kayu TPL dihentikan dulu.

Sementara Manager PT TPL Sektor Padang Sidempuan James Tampubolon dan Humas PT.TPL, Bekman Ritonga, yang dikonfirmasi soal warga Sipirok yang merasa dikibuli Polres Tapsel, mengaku, mereka juga mendapat undangan yang sama dengan warga yaitu untuk mediasi perkantoran Pemkab Tapsel di  Dusun Kilang Desa Situmba.

“Kami juga hanya menghadiri undangan,” kata pihak PT TPL itu dengan enteng. Padahal menurut warga, yang mendanai acara mediasi itu justru PT TPL.(DNA/tpsPasangan Nikson-Mauliate Unggul Sementara/m) (DNAberita)


REKOMENDASI

To Top
Berita Rekomendasi:close