Sipirok

Sipirok, Bandung-nya Sumatera Utara yang belum terkelola

Lama tidak bercerita tentang pulau ini, masih dengan keindahan alamnya yang alami dan asri.

pembatas

Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang sebuah daerah di Tapanuli Selatan, daerah yang merupakan dataran tertinggi di Tapanuli Selatan ini memiliki alam yang sangat indah, mulai dari bukit barisanya yang membentang dimana-mana dan hutan lindungnya yang masih sangat asri (walau sebagian sudah beralih fungsi menjadi hutan sawit).

alam sipirok yang indahSetelah sekian lama saya tidak merasakan mandi “awan” disini saya akirnya merasakan lagi berdekatan dengan awan dan kabut.

Seakan-akan saya terbang diantara hamparan awan putih yang sangat luas dengan birunya langit saat itu. Ya SIPIROK nama daerah tersebut, daerah yang terkenal juga dengan kopinya dan hasil bumi seperti kakao, kelapa, kayu manis, kemiri, bawang dan sayur-sayuran lainya.

Kota Kecil ini merupakan tempat lahir Merari Siregar, seorang pengarang angkatan Balai Pustaka. Luat Siregar, wali kota Medan dari 3 Oktober 1945 hingga 10 November 1945, juga lahir di kecamatan ini.

Lafran Pane Pendiri Organisasi Mahasiswa tebesar se Indonesia yakni Himpunan Mahasiswa Islam ( HMI ) juga lahir dari daerah ini, tepatnya di Desa Pangurabaan.

Serta banyak tokoh besar lainnya seperti Hariman Siregar tokoh besar Pergerakan Mahasiswa yang diingat sejarah dalam peristiwa “MALARI” dan menjadi rujukan pergerakan hingga masa reformasi ini, juga berasal dari wilayah ini.

Desa Pangurabaan, tempat lahirnya Lafran Pane

Desa Pangurabaan, tempat lahirnya Lafran Pane

Kembali soal alam Ssipirok, untuk para pecinta fotografi landscape disini mungkin bisa menjadi salah satu tempat untuk melampiaskan kegemaranya. Dari puncak dataran tertinggi di kabupaten Tapanuli Selatan ini kalian bisa memanjakan mata dengan hamparan awan dan bukit-bukit yang berbaris dengan sangat menawan.

indahnya alam sipirok

Sipirok terletak di dataran tinggi (berhawa sejuk/dingin), karena terletak di lembah gunung SibualbualiMengungkap kekayaan alam di hutan cagar alam Gunung Sibualbuali Sipirok yang masih aktif. Daerah ini dihuni oleh kebanyakan masyarakat dengan Marga Siregar dan Marga Huta Suhut. Bahasa Batak yang digunakan di Sipirok adalah bahasa Batak Angkola (bahasa Batak Toba dan bahasa Batak Mandailing sedikit digunakan/di daerah tertentu saja), namun Masyarakat Sipirok masih mengerti bahasa Toba dan Mandailing. Masyarakat Sipirok di kenal sebagai Suku Batak Angkola.

Desa Hut

Desa Hut

Sumber Daya Alam di Sipirok bisa di katakan baik. Air pegunungan yang bersih dan sejuk mengalir untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat dan tidak pernah habis. GunungPotensi wisata Gunung Sibual-buali Sipirok Tapanuli Selatan Sibualbuali yang masih aktif juga mengalirkan air panas alami yang dikenal dengan “aek milasPotensi wisata Gunung Sibual-buali Sipirok Tapanuli SelatanPadang bujurPotensi wisata Gunung Sibual-buali Sipirok Tapanuli Selatan dan “aek milas” Sosopan, sebagai objek wisataPotensi wisata Gunung Sibual-buali Sipirok Tapanuli Selatan.

Keanekaragaman hayati yang begitu besar di mana terdapat Cagar AlamMengungkap kekayaan alam di hutan cagar alam Gunung Sibualbuali Sipirok DolokPotensi wisata Gunung Sibual-buali Sipirok Tapanuli Selatan Sibualbuali yaitu sebuah kawasan hutan konservasiAir terjun Siondop, tempat wisata alam Tapsel yang jarang diketahui seluas 5.000 Ha yang kaya akan keanekaragaman Flora dan Fauna, di sahkan melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 215/Kpts/Um/4/1982 pada tanggal 6 April 1982.

sipirokHutan ini merupakan tipe hutan hujan basah dengan curah hujan tinggi. Berketinggian antara 700 – 1.700 mdpl dengan kontur pegunungan terdiri dari banyak lembah dan jurang yang dalam. Pepohonan yang tumbuh rapat dan menjulang tinggi dengan lantai hutan yang banyak ditumbuhi tumbuhan perdu. Pada puncak – puncaknya sering ditutupi kabut walaupun di siang hari panas terik. Kabut akan semakin tebal bila musim hujan tiba. Itu sebabnya batang pepohonan disini tertutup oleh lumut yang cukup tebal. Bentang hutan ini dapat kita lihat dari Kota Sipirok.

indahnya sipirokAda banyak keanekaragaman flora dan fauna. Di antaranya terdapat pohon berdiameter raksasa yaitu pohon meranti, salah satu di antara jenis pohon yang biasanya menjadi sasaran utama pembalak hutan masih banyak dijumpai dihutan ini dengan ukuran yang besar. Sedangkan fauna nya terdapat beragam jenis burung, mamalia hingga serangga.

alam sipirokKeistimewaan hutan ini adalah di mana masih terdapat satwa langka di lindungi, sebut saja Orangutan Sumatera (pongo abelii) satwa langka Orangutan atau dalam bahasa lokal disebut Mawas, Harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae) di sebut juga Babiat ( oppui ), Tapir (tapirus indicus) disebut juga Sipan , Rangkong Badak (buceros rhiniceros) dan juga berbagai jenis primata seperti Siamang, Sarudung, kukang dll.

pemandangan alam

Selain pemandangan alam yang luar biasa, kota kecil bernama Sipirok ini juga terkenal dengan kekayaan kuliner yang rasanya bisa memanjakan lidah kita. Namun, kota kecil ini belum terkelola dengan baik.

Jika kota kecil bernama Sipirok ini dikelola dengan baik dan dijadikan Kota Wisata, bukankah Sipirok ini bisa menjadi Bandung-nya Sumatera Utara? Semoga pemerintah setempat bisa mengelola kota kecil yang indah ini dengan baik, supaya bisa menjadi kota wisata.

Silahkan akses tautan di bawah ini untuk melihat keindahan wisata alam dan kuliner di Sipirok dan Tapanuli Selatan:

(Disadur dari Berbagai sumber)



TERPOPULER BULAN INI

To Top
Berita Rekomendasi:close