Sipirok

Sudah 3 hari api tak padam, ratusan hektar lahan di Sipirok dilahap si jago merah

Kebakaran lahan di sekitar wilayah Desa Barnang Koling dan Batangtura, Kecamatan Sipirok, Tapsel. (Amran Pohan/Metro Tabagsel)

SipirokBupati Tapsel Apresiasi Prestasi Darul Mursyid – Sejak tiga hari terakhir, asap dan api begitu jelas terlihat di arah Timur dari komplek Perkantoran PemkabIni syarat untuk dapat bea siswa dari Pemkab Tapsel TapselPulau Sumatera Miliki Zona Urat Emas Aceh-Lampung. Diperkirakan, ratusan hektare lahan dilalap si jago mereh di sekitar Jambur Batu, Desa Batangtura dan Desa Barnang Koling, Kecamatan SipirokHari Menanam Satu Miliar Pohon Tapsel dipusatkan di Jalan Baru Aek Latong.

Namun, upaya yang dilakukan, masih belum maksimal dalam mengantisipasi meluasnya api dil ahan tersebut. Pasalnya, hingga Minggu (18/9), api masih tampak memerah di kejauhan.

Madung lobi 3 ari apian, mararat namosok disi (sudah lebih 3 hari api itu, sepertinya sudah banyak lahan yang terbakarMadina, Nenek Lumpuh Terbakar Bersama Rumahnya),” ucap BatubaraKabut Asap Selimuti Wilayah Batubara (60) salah seorang warga SitumbaPergerakan Mahasiswa Indonesia Tabagsel unjuk rasa di Kantor Bupati, Kecamatan Sipirok.

Hal senada juga diungkapkan Parluhutan (35). Pada malam hari, kobaran api akan kelihatan jelas di tengah kegelapan. “Siang begini nampaknya memang hanya asap, tapi kalau malam, terlihat jelas kobaran apinya memanjang,” sebutnya.

Diutarakannya, melihat kobaran api selama tiga hari terakhir, diduga kuat13 Karakter Anime yang Bodoh tapi Kuat sudah ratusan hektare yang terbakar di wilayah itu. “Tapi herannya, belum ada tindakan, sama sekali,” ujarnya.

Sementara itu Kalaksa BPBD3 BPBD provinsi bantu tangani Sinabung Tapsel Ibrahim Lubis membenarkan adanya kebakaranKebakaran di Parau Sorat Sipirok, satu rumah habis terbakar lahan di wilayah itu selama tiga hari terakhir.

Dikatakan Ibrahim, pihaknya terus berupaya untuk meminimalisir dan mengantisipasi kobaran api agar jangan sampai meluas. Namun, sulitnya medanPolda Sumut mutasi 152 personil menuju lokasi membuat tim tidak mungkin dikerahkan.

“Tak ada jalanJalan Sihoringkoring akan di aspal hotmix menuju lokasi, karena kebakaran itu ada di pegunngan,” sebut Ibrahim via seluler.

“Petugas atau relawan kita selalu memantau dan melaporkan dari lapangan, tetapi karena lokasi kebakaran yang sulit dilalui, tak mungkin kita kerahkan pemadam tanpa tujuan yang pasti,” sambungnya.

Pantauan Metro TabagselKonferensi PWI Tabagsel Diprediksi Ketat, siang hari asap terus mengepul di wilayah itu. Bahkan pada malam hari, kobaran api terlihat jelas dari kejauhan. Udara di wilayah itu juga mulai tercemar asap. (ran /metrotabagsel.com)


REKOMENDASI

To Top
Berita Rekomendasi:close