Berita Umum

Kerusakan Jalinsum ke Kecamatan Dolok Paluta Semakin Parah

(Analisa/tohong p harahap) PARAH: Kondisi Jalinprov Sumut di daerah Gunung Manobot, Desa Sungai Datar, Kecamatan Dolok yang kerusakannya semakin parah. Bahkan kendaraan roda empat pun tak bisa lewat, Senin (6/4).

(Analisa/tohong p harahap) PARAH: Kondisi Jalinprov Sumut di daerah Gunung Manobot, Desa Sungai Datar, Kecamatan Dolok yang kerusakannya semakin parah. Bahkan kendaraan roda empat pun tak bisa lewat, Senin (6/4).

pembatas

Paluta – Kerusakan jalan lintas Provinsi Sumatera Utara (Jalinprov-Sumut) di Gunung Manobot, Desa Sungai Datar, Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menuju Pasar Sipiongot semakin parah dan memprihatinkan.

Bahkan kendaraan roda empat tak bisa lewat. Kejadian ini terjadi Senin (6/4) yang diakibatkan oleh curah hujan tinggi yang melanda belakangan ini.

Zulkifli Dongoran (40) warga Pasar Sipiongot menyebutkan, pemerintah harus segera mencari solusi dalam hal menanggulangi kerusakan akse jalan satu-satunya menuju Kecamatan Dolok, jika hal ini dibiarkan berlama-lama dikhawatirkan Kecamatan Dolok akan lumpuh total.

Apalagi seperti yang diketahui bersama bahwa kerusakan jalan sudah cukup lama, bahkan kerusakan bertambah parah sehingga badan jalan sudah hampir terputus dan kendaraan roda empat pun tidak bisa lewat.

“Ini harus menjadi agenda utama, jika di biarkan berlama-lama, bisa terputus total jalur transportasi menuju Kecamatan Dolok, akibatnya apa, warga akan terisolasi,” ujarnya, Selasa (7/4).

Menurutnya, kerusakan Jalinprov ini sangat berpengaruh pada aktivitas perekonomian masyarakat khususnya yang berada di daerah Kecamatan Dolok dan Dolok Sigompulon. Hal ini membuat sejumlah masyarakat yang ada di Kecamatan Dolok merasa kecewa dengan pemerintah yang sepertinya tutup mata terhadap kerusakan jalan ini.

Dia menekankan, jika dalam waktu dekat jalinprov yang mengalami longsor tidak diperbaiki, maka badan jalan akan terputus total melihat kondisi tanah di daerah Kecamatan Dolok yang tergolong tanah gembur dan berpasir akan mudah mengalami longsor, apalagi saat ini masih memasuki musim penghujan.

Copot

Hal senada disampaikan Ketua Baleg DPRD Paluta Muhammad Amin. Politisi asal Kecamatan Dolok ini dengan tegas meminta Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujonugroho mencopot jabatan Ir Martua selaku Kepala UPT Bina Marga Gunung Tua.

Ir Martua, dinilai gagal dalam menangani kerusakan infrastruktur jalan provinsiDiperbaiki 2016, jalan provinsi di Saipar Dolok Hole Tapsel sudah rusak parah termasuk diantaranya diwilayah Sipiongot dan sekitarnya.

“Amatan saya, dan pantauan dilapangan saudara Kepala UPT dinilai gagal dalam menangani infrastruktur jalan diwilayah kerjanya. Sehingga sudah tidak ideal yang bersangkutan menduduk jabatan tersebut,” ujarnya, menyikapi belum adanya respon dan kesigapan dari pihak terkait tentang jalan menuju Sipiongot.

Informasi dihimpun wartawan, kerusakan ini sudah dianggarkan pada APBD Sumut tahun 2015 dan saat ini proyek pekerjaannya sedang memasuki masa tender. (ong/Analisa)



TERPOPULER BULAN INI

To Top
Berita Rekomendasi:close