1.500 penyuluh pertanian SUMUT akan dikontrak


0

MEDAN – Sebanyak 1.500 tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL  TBPP) se Sumatera Utara akan mendapat pembekalan sekaligus menerima kontrak kerja tahun 2014, Senin (7/4) di Lapangan Sejati Pangkalan Masyhur, Medan akan dihadiri Menteri Pertanian.

Kepala Badan Koordinasi Penyuluhan (Bakorluh) Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara Bonar Sirait mengatakan, apel ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan sejak Bakorluh dibentuk melalui perda tahun 2009.

Bonar Sirait menjelaskan penyuluh merupakan ujung tombak dan garda di depan, tenaga yang langsung berhubungan dengan petani, pekebun, peternak, nelayan, petambak termasuk masyar kat di sekitar hutan.  “Penyuluh yang mengetahui persoalan petani dan kelompok tani di lapangan.  Karenanya perlu dilakukan penguatan tekad dan kemampuan para penyuluh kita,” kata Bonar.

Acara apel siaga akan melibatkan 1500 orang penyuluh terdiri dari penyuluh pertanian, perikanan, kehutanan, perkebunan dan kehutanan baik di bawah Kementerian Pertanian, Provinsi dan Kabupaten/kota. Disamping itu akan melibatkan para penyuluh dari 16 provinsi se Sumatera,Jawa dan sebagian Kalimantan. Para penyuluh akan menerima pembekalan baik dari kementerian Pertanian dan Kementerian Perikanan Kelautan.

Dijelaskan Bonar, Apel Siaga merupakan wahana berbagi pengetahuan seputar pengalaman terbaik oleh para penyuluh di berbagai daerah. Dalam kesempatan itu akan ditampilkan unjuk karya penyuluh diantaranya modifikasi mesin pompa air berbahan bakar ebnsin ke gas LPG oleh THL TBPP Kabupaten Langkat. Ada juga peningkatan produktivitas padi sawah melalui jajar legowo oleh Penyuluh Pertanian Swadaya Kabupaten Serdang Bedagai dan budidaya ikan lele perkotaan melalui teknologi kultur air. Penyuluh Kehutanan Kabupaten Padang Lawas Utara juga akan mendapat kesempatan menampilkan perbanyakan bibit gaharu secara cepat melalui stek pucuk daun.

Untuk penyediaan tenaga penyuluh yang profesional sekaligus meningkatkan kemampuan para penyuluh di Sumut, Bakorlu melakukan penandatangan perjanjian kerjasama dan kesepakatan dengan instansi terkait. Penandatanganan MoU dilakukan  Bakorluh dengan Universitas Sumatera Utara, Universitas HKBP Nomensen, STPP Medan, BP3 Belawan, BDK Pematang Siantar dan Asosiasi Perkebunan Sawit yang diketahui Gubsu dan disaksikan oleh Menteri Pertanian. Disamping itu, akan digelar juga cerdas cermat penyuluh di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan berhadiah.
(dat16/antara) (Waspada.co.id)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut