10 bulan terakhir, pertugas pemadam kebakaran Tapsel tak berfungsi


0

Tapsel – Beberapa peristiwa kebakaran rumah, khususnya di Sipirok sebagai Ibukota Kabupaten Tapsel, dalam kurun 10 bulan terakhir ternyata tak pernah dibantu regu pemadam kebakaran dalam menangani si jago merah, sehingga warga menuding petugas Damkar tak berfungsi.

Hal itu diakibatkan petugas Damkar kabupaten tersebut tidak berpos di Ibukota Tapsel, tetapi di daerah tetangga yaitu Kota Padangsidimpuan. Alhasil, saat masyarakat membutuhkan, tak kunjung bisa diharapkan. Sehingga keberadaannya menimbulkan tanda tanya bagi warga Tapsel.

“Mungkin lebih bermanfaat bagi warga daerah lain, makanya diparkirkan disana,” ujar Muluk (40) dan Syahril Siregar (40) warga Tapsel. Dijelaskan, beberapa kali terjadi kebakaran rumah seperti di Desa Simaninggir, Kelurahan Pasar Sipirok dan kali ini Kelurahan Parausorat, kehadiran petugas Damkar tak kunjung memberi arti apapun bagi masyarakat.

“Sebab, posisinya ternyata berada di daerah lain. Mana bisa mengejar kejadian,” terang mereka. Sebagai masyarakat Sipirok yang merupakan Ibukota Kabupaten Tapsel, mereka mengaku sangat miris melihat kondisi ini. Seolah, program Damkar bukan untuk membantu warga Tapsel yang mengalami musibah kebakaran.

“Kita tidak tahu untuk apa mobil dan regu Damkar itu. Mudah mudahan, bapak bupati dapat memperbaiki ini,”tukas mereka. Sementara itu, Kalaksa BPBD Tapsel Ahmad Ibrahim Lubis yang saat ini sedang di luar daerah, saat dimintai tanggapannya akan hal tersebut, belum ada jawaban.

Sedangkan, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Hj Nurhawani Rambe mengatakan, pada saat kebakaran di Pagaranbatu, pihaknya langsung mempersiapkan satu regu pemadam kebakaran menuju lokasi. Namun, baru separuh perjalanan, datang kabar dari Camat Sipirok yang mengatakan api sudah padam.

“Regu pemadam yang dikerahkan pun, balik arah ke kantor, karena informasinya api sudah padam,” sebut Kabid. (ran /metrotabagsel.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut