120 Pengurus SPP Sipirok Ikuti Training Character Building Bersama PINBIS


0

Pusat Informasi dan Pengembangan Bisnis (PINBIS) melakukan training (pelatihan) untuk materi Character, Motivation & Team Building (Penguatan Karakter, Motivasi dan Penguatan Kelompok) kepada sekitar 120 orang pengurus kelompok SPP (Simpan Pinjam Perempuan) Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Direktur Eksekutif Pinbis Indonesia, Maskur Abdullah, mengatakan Kamis (20/3), kegiatan yang difasilitasi PNPM Mandiri Sipirok dan didukung PNPM Mandiri Perdesaan Tapanuli Selatan tersebut, berlangsung selama tiga hari, 18 – 20 Maret 2014 di Hotel Tor Sibohi, Sipirok.

Tujuan dari training ini menurut Maskur, untuk memotivasi dan membuka cakrawala berpikir serta cara pandang yang lebih luas dan dinamis bagi seluruh peserta. ”Alhamdulillah seluruh peserta tampak antusias dan mereka mengaku mendapatkan pemikiran baru serta ide-ide baru dalam training ini,” ujar Maskur Abdullah.

Selain itu, peserta juga mengaku motivasinya meningkat dan kerjasama kelompoknya akan berjalan menjadi lebih baik. ”Banyak pengetahuan yang kami dapatkan dari training ini, terutama tentang bagaimana membangun kelompok yang kuat, mengubah karakter menjadi lebih positif dan yang lebih penting lagi, kami sekarang benar-benar termotivasi,” kata Riama, salah seorang peserta yang ditunjuk sebagai ketua kelas selama training berlangsung.

Fasilitator Kecamatan Sipirok PNPM Mandiri Perdesaan, Anggun Wira Faisal Pulungan, mengatakan, peserta training ini terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara 40 kelompok SPP dari 18 desa di Kecamatan Sipirok, yang jumlah seluruhnya 120 orang. Mereka kelompok yang sudah berjalan selama 1 – 3 tahun.

Menurut Anggun, pelatihan ini berbeda dari pelatihan sebelumnya, karena lebih difokuskan untuk mengubah cara berpikir pengurus kelompok agar lebih dinamis, kreatif dan memiliki motivasi yang tinggi dalam mengelola pinjaman di kelompoknya. PNPM Mandiri menghadirkan trainer dari Pinbis, yaitu Maskur Abdullah dibantu M.Fachris Tanjung. Pelatihan dibagi menjadi 2 kelas yang dilaksanakan secara paralel.

”Kita berharap, setelah memperoleh materi pelatihan yang begitu penting dari Pinbis, para peserta menjadi lebih termotivasi dan memiliki kesadaran tinggi dalam menjalankan tugasnya,” lanjut Anggun.

Sementara itu Muhammad Yusuf, PJO Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Tapanuli Selatan, saat menutup kegiatan training ini di Hotel Tor Sibohi Sipirok, Kamis (20/3), berharap para peserta yang telah memperoleh tambahan pengetahuan dari para trainer, khususnya dari Pinbis, dapat mengaplikasikan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari.

”Bila ibu-ibu ingin menjadi lebih baik dan ingin maju, maka harus mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh selama pelatihan. Pelatihan ini cukup bagus, dan saya melihat para peserta begitu antusias dan bersemangat.

Mudah-mudahan semangat dan motivasi ini seterusnya ada pada diri ibu-ibu semua,” kata Muhammad Yusuf.

Muhammad Yusuf berharap Pinbis kiranya akan tetap menjalin komunikasi dan memotivasi para alumni training untuk seterusnya. ”Untuk hari-hari berikutnya semoga Pinbis tetap membina para alumni training ini,” tambah Muhammad Yusuf. (rrs/rel) (AnalisaDaily.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut