16 Siswa Paluta Ikuti Uji Kepatutan dan Kelayakan


0

Paluta – Sebanyak 16 siswa SMA Negeri 1 Padang Bolak mengikuti uji kepatutan dan kelayakan calon ketua osis dan wakil ketua OSIS periode 2014-2015, Kamis –Jumat (28-29/8) .

Kegiatan yang digelar dalam rangka menanamkan konsep demokrasi melalui pendekatan normatif di lingkungan sekolah, panitia bekerjasama dengan Mahasiswa PPL Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan.

Menurut Kepala SMA Negeri 1 Padang Bolak, Ali Usman Siregar didampingi Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Nurhanifa Harahap, penyelenggaraan pemilihan Ketua OSIS ini mengikuti mekanisme pemilihan yang dilaksanakan KPU. Kegiatan tersebut rutin dan menjadi agenda tahunan di SMA Negeri 1 Padang Bolak agar siswa diberikan kebebasan menyalurkan aspirasi sesuai nurani.

“Kegiatan ini rutin digelar tiap tahun, seperti halnya pemilu sungguhan. Prosesi demokrasi pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini juga seperti miniatur dalam pemilihan umum di Indonesia,” ujar usman.

Ditambahkan Nurhanifa, adapun materi seleksi meliputi, kedisiplinan kehadiran, pengetahuan OSIS. Nilai rapot, tes fisik serta ketepatan melaksanakan tugas dan tidak kalah pentingnya adalah masalah sikap siswa merupakan faktor penentu untuk lolos seleksi.

Setelah dinyatakan lulus mengikuti uji kepatutan dan kelayakan, maka dari bakal calon yang lolos diseleksi menjadi calon Ketua OSIS dan Wakil Ketua Osis, hingga 4 pasangan calon.

“Siswa yang lolos dalam uji tersebut selanjutnya dapat membuat tim sukses untuk melakukan kampanye kepada seluruh siswa baik kampanye lisan maupun tulisan dalam upaya mendapat dukungan sebanyak-banyaknya dari siswa pada pemungutan suara 4 September mendatang,” ungkapnya.

Seperti halnya pemilihan umum kepala daerah dan presiden, kegiatan pemilihan ini dibarengi dengan tahapan-tahapan pemilihan umum seperti pembentukan Komisi Pemilihan Umum selanjutnya KPU membentuk tim Panitia Pengawas pemilu (Panwaslu), Panitia Perhitungan Suara (PPS) serta menetapkan calon Ketua OSIS dan sosialisasi visi misi calon ketua OSIS.

Sementara, salah seorang Mahasiswa PPL M Nur menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah memberikan kepercayaan dalam pelaksanaanPemilu Osis di SMA Negeri 1 Padang Bolak. (ong) (Analisa)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut