255 personel siap amankan lebaran di Tapsel, jangan pakai perhiasan berlebihan


0

TAPSEL – Sebanyak 255 personel yang berasal dari berbagai instansi di wilayah hukum (Wilkum) Polres Tapsel siap mengamankan pelaksanaan Idul Fitri 1437 Hijriyah. Namun, masyarakat juga diimbau untuk tidak bepergian keluar rumah dengan menggunakan perhiasan mencolok atau berlebihan yang bisa memicu tindakan kriminalitas.

Hal itu dinyatakan saat kegiatan gelar pasukan ‘Ops Ramadniya 2016’ di lapangan Bintuju, Kecamatan Batang Angkola, Tapsel, Kamis (30/6). Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu menekankan, agar seluruh personel bersiap siaga selalu dalam memberikan keamanan dan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat melaksanakan Idul Fitri secara aman dan nyaman di wilayah hukum Polres Tapsel meliputi Kabupaten Tapsel, Palas dan Paluta.

“Dalam pelaksanaan operasi terpusat kepolisian Ramadan hari Raya (Ramadniya) 2016 ini, seluruh personel dapat menyiapkan fisik dan mentalnya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, “ imbaunya saat memimpin apel gelar pasukan ‘Operasi Ramadniya 2016’ di Lapangan Bola Kaki Desa Bintuju, Batang Angkola, Tapsel.

Syahrul mengatakan, secara umum situasi Kamtibmas di wilayah Tapsel relatif masih aman. Namun bupati mengimbau kepada pemudik tetap ekstra hati-hati dan melengkapi surat-surat kenderaannya ketika hendak melakukan perjalanan dan jika lelah selama dalam perjalanan dapat beristirahat di Pos Pam yang sudah disiapkan. “Jangan paksakan berkendara kalau kita sudah lelah. Manfaatkan Pos Pam kepolisian yang ada untuk beristirahat, sehingga perjalanan bisa lebih aman hingga ke tujuan, “ ucapnya.

Usai apel gelar pasukan, Kapolres Tapsel AKBP Rony Samtana didampingi Kasat Lantas AKP Budiono Saputro menyatakan, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pada operasi “Ramadniya 2016” ini, Polres Tapsel juga menyiapkan sejumlah Pos PAM yang terbagi dalam dua jenis pos yakni pos pengamanan dan pos pelayanan.

Untuk pos PAM ada di lima titik yakni di Halongonan Kabupaten Paluta, di Sipirok, Tapsel, di Parsariran Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapsel, di Aek Sijornih Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapsel dan di Hutaraja Tinggi dan Sosa Kabupaten Palas, dengan target operasi guna memberikan pelayanan simpatik kepada masyarakat dan meminimalisir terjadinya Laka Lantas. Sedangkan pos pelayanan ada di Sipirok tepatnya di Mako Brimob Detasemen C Tapsel.

“Polres Tapsel akan kerahkan seluruh kekuatan personil yang ada, dibantu personil dari institusi dan istansi lain dalam mengamankan Idul Fitri 1437 Hijriyah di wilayah hukum Polres Tapsel dan masing-masing Pos nantinya akan diisi 20 personil dari satuan dan intansi gabungan,” sebut Kapolres.

Selain itu, guna mengantisipasi daerah-daerah rawan longsor selama arus mudik lebaran nanti, Polres Tapsel bersama instansi terkait telah menyiapkan sejumlah alat berat di daerah-daerah rawan longsor. Sehingga para pemudik baik yang masuk maupun keluar melintasi wilayah Kabupaten Tapsel tetap merasa lancar dan nyaman selama dalam perjalanan mudik.

Kapolres juga menyampaikan, pelaksanaan operasi rutin yang dilaksanakan setiap tahun itu, dalam rangka memberi kenyamanan bagi pemudik jelang lebaran, kegiatan-kegiatan pengamanan ibadah hari raya Idul Fitri maupun kegiatan paska lebaran.

“Operasi ini dilaksanakan selama 14 hari, dimulai tanggal 30 Juni hingga 13 Juli 2016 dengan kegiatan mulai dari antisipasi kemacetan, kemungkinan meningkatnya tindak kejahatan serta target-target pencapaian yang diinginkan,” terang Kapolres.

Selain Kapolres, Bupati Tapsel, kegiatan tersebut juga diikuti Waka Polres Kompol H S Hasibuan, para Kabag, Kasat, Kapolsek dan personil di jajaran Polres Tapsel, diikuti pasukan dari personil Polres Tapsel, TNI, Brimob, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Pramuka, yang seluruhnya akan terlibat dalam pengamanan arus mudik dan balik lebaran dalam rangka perayaan Idul Fitri 1437 H.

Alat Berat Siaga di Lokasi Rawan Longsor
Sementara itu, Kabag Ops Polres Tapsel Kompol JW Sijabat menegaskan, untuk kegiatan ‘Ops Ramadniya 2016’ ini, pihaknya melibatkan sebanyak 255 personil yang sebagian besar terdiri dari personel Polres Tapsel.

“Dari Polisi ada 75 personel yang kita libatkan, dan selebihnya yaitu sebanyak 180 personel berasal dari instansi lain seperti TNI, DLLAJ, Satpol PP, Dinkes dan Pekerjaan Umum. Dan kegiatan gelar pasukan akan kita gelar di Lapangan Desa Bintuju, Kecamatan Batang Angkola, Tapanuli Selatan,” ujar perwira menengah yang pernah menjabat sebagai Kapolsek Batang Toru dan Padang Bolak ini.Ditambahkannya, agar kegiatan ‘Ops Ramadniya 2016’ nantinya berjalan maksimal, pihaknya telah menyiapkan 5 Pos Pam yang ditempatkan di berbagai lokasi di wilayah hukum mereka.

Seperti di wilayah Tapsel yaitu di Sipirok, Batang Angkola/Sayur Matinggi, dan Batang Toru. Begitu juga untuk Kabupaten lainnya, seperti Padanglawas Utara (Paluta) di daerah Gunung Tua, dan Padanglawas (Palas) di daerah Huragi/Sosa yang berbatasan dengan Provinsi Riau.
“Sudah kita siapkan 5 Pos Pam yang kita tempatkan di seluruh lokasi yang kita anggap rawan di wilayah hukum Polres Tapsel. Dari setiap Pos Pam yang ada juga kita sediakan berbagai fasilitas yang dapat membantu para pemudik atau keperluan lainnya,” terangnya dan mengaku juga menyiapkan sejumlah alat berat di lokasi yang diketahui rawan bencana.

Pria dengan pangkat melati satu ini juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya disaat menjelang lebaran seperti ini, untuk tidak bepergian keluar rumah dengan menggunakan perhiasan yang mencolok atau berlebihan. Sebab menurutnya, hal tersebut bisa memicu terjadinya tindakan kriminal baik karena faktor ‘N’ maupun ‘K’.

“Ini yang paling penting, karena biasanya menjelang lebarang tindakan kriminal meningkat. Maka untuk itu, agar tidak memicu terjadinya hal tersebut, jangan menggunakan perhiasan yang berlebihan. Sebab, hal itu pula yang menyebabkan adanya niat (N) dan kesempatan (K) bagi pelaku kejahatan,” tegasnya. (Metrotabagsel.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut