3 BPBD provinsi bantu tangani Sinabung


0

BPBDMEDAN – Tiga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat provinsi yang bertetangga dengan Sumatera Utara ikut berpartisipasi dalam menangani erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Asren Nasution dalam surat elektroniknya yang diterima di Medan, hari ini, mengatakan bantuan tanggap darurat itu datang dari BPBD Jambi, BPBD Riau, dan BPPD Sumatera Barat.

Kedatangan tim BPBD dari tiga provinsi tetangga tersebut disertai berbagai peralatan yang dibutuhkan dalam tanggap darurat yang mempermudah dalam membantu masyarakat yang mengungsi.

BPBD Jambi mengirimkan personel sebanyak 26 orang disertai peralatan seperti mobil komando (satu unit), mobil rescue (dua unit), ambulans (satu unit), mobil medis (satu unit), serta mobil yang memiliki fasilitas mandi, cuci, dan kasus (MCK) satu unit.

BPBD Riau datang dengan 11 personel yang dilengkapi dengan peralatan mobil komando (satu unit, mobil rescue (satu unit), dan truk serbaguna (satu unit).

Sedangkan BPBD Sumatera Barat datang dengan jumlah 10 personel yang dilengkapi mobil rescue (dua unit), dan motor trail (dua unit).

Pihaknya sangat mengapresiasi bantuan dari BPBD Jambi, BPBD Riau, dan BPBD Sumatera Barat tersebut karena dapat semakin memaksimalkan pelayanan terhadap warga yang mengungsi.

Peralatan yang dibawa tim BPBD dari tiga provinsi tetangga tersebut juga dapat mendukung percepatan reaksi terhadap kemungkinan munculnya peristiwa yang tidak diinginkan.

Selain bentuk kepedulian dalam tugas kemanusiaan, kedatangan tiga BPBB tersebut juga merupakan wujud komitmen Badan Nasional Penanggulangan bencana (BNPB) yakni provinsi terdekat mendukung daerah yang terkena bencana. “Ini bukti bahwa tugas kebencanaan adalah tugas kemanusiaan,” katanya. (waspada)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut