30 Imigran Haiti Tewas di Perairan Bahama


0

Sekitar 30 imigran Haiti tewas setelah kapal barang yang mereka tumpangi terbalik dan tenggelam di perairan Bahama, Senin (25/11). Penjaga pantai Amerika Serikat, Selasa (26/11), menyatakan, dari perahu yang diduga kelebihan muatan itu, 110 orang bisa diselamatkan.

“Sekitar 30 imigran Haiti dilaporkan tewas,” kata sebuah pernyataan dari pasukan penjaga pantai. Diperkirakan jumlah korban bertambah, setelah muncul foto yang memperlihatkan lambung perahu yang terbalik itu disesaki para imigran.

“Para imigran menempel di lambung perahu berukuran 12 meter ketika tim penyelamat tiba,” kata pernyataan itu. Semua penumpang yang ada di lambung kapal terbalik sudah dievakuasi, tetapi tidak dapat dipastikan berapa orang yang terpencar di laut.

“Kami masih terus mencari,” kata Juru Bicara Penjaga Pantai, Petty Officer Mark Barney, kepada AFP. Evakuasi para korban, Selasa, sempat terhambat badai yang berkecepatan 48 kilometer per jam.

Kapal bermuatan para imigran tersebut kandas dan terbalik di lepas pantai Staniel Clay di Bahama, Senin malam. Helikopter penjaga pantai pada malam itu langsung mengangkut 13 orang dan telah menurunkan rakit penyelamat. Menyusul, pesawat ringan milik penjaga pantai menjatuhkan makanan dan delapan rakit tambahan.

Tentara Bahama yang mendapat informasi penjaga pantai tentang insiden tersebut juga langsung mengirimkan kapal patroli untuk membantu upaya penyelamatan. Sementara itu, Direktur Kantor Imigrasi Haiti, Stern Lolo, mengatakan, para imigran diduga berasal dari kawasan barat daya negara itu.

Haiti merupakan negara termiskin di belahan barat bumi setelah dihantam gempa yang menewaskan 250.000 orang pada 2010. Perekonomian negara yang sebelumnya sudah pincang menjadi semakin terpuruk setelah bencana itu.

“Kami sering menerima pengungsi yang diselamatkan dari lautan dan dikembalikan ke kami oleh penjaga pantai Amerika Serikat,” aku Lolo pada AFP. Dia pun menyebutkan setiap bulan ada sekitar 100 sampai 150 pengungsi yang diselamatkan dari laut. (Afp/Kcm/Int) (metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut