55 Kelompok Tani di Tabagsel Terima Bantuan Pertanian


0

SIDIMPUAN – Pada tahun 2013, Kementerian Pekerjaan Umum melalui Kantor Irigasi dan Rawa III di Jalan Raja Inal Siregar, Kecamatan Batunadua, Padangsidimpuan, menyalurkan 55 paket bantuan pengairan kepada kelompok tani (Koptan) yang bersumber dari APBN. Bantuan sosial tersebut sudah diterima secara langsung oleh kelompok tani dengan besaran anggaran Rp176 juta per desa.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Irigasi dan Rawa III M Soleh Nasution kepada METRO, Senin (2/12) mengatakan, dana bansos yang bertujuan membantu Koptan di desa-desa untuk daerah Tabagsel itu baru tahun ini diterima. Dimana sebelumnya tidak ada sama sekali. Dana itu langsung disalurkan ke rekening Koptan pada awal November, untuk dapat dilaksanakan pengerjaanya hingga batas akhir Desember.

“Bansos tahun ini kita dapat 55 paket dan 1 gagal karena tidak melengkapi berkas dan masing-masing mendapat Rp176 juta per desa. Bantuan itu langsung diserahkan pihak Kantor Irigasi dan Rawa Provinsi ke rekening Koptan pada awal November lalu. Sementara hingga saat ini, semuanya masih dalam tahap pelaksanaan oleh Koptan. Semua itu untuk membantu Koptan dalam bidang pengairan,” jelas Soleh.

Menurutnya, pihaknya dalam hal ini hanya memfasilitasi agar Koptan yang telah mengajukan permohonan bansos bisa mendapatkannya dari pusat. Dananya ditransfer langsung pusat dan masuk ke rekening Koptan masing-masing. Namun demikian, pihaknya juga intens melakukan pembinaan dan pengawasan kegiatan di lapangan.

Adapun jatah irigasi pengairan itu, tambahnya, masing-masing untuk Kota Psp mendapat 9 paket, Pemkab Tapsel 16 paket, Paluta 15 paket dan Madina 15 paket. Sementara untuk pemkab Palas nihil.

“Baru kali ini kita dapat jatah bantuan irigasi langsung dari Kementrian PU untuk Koptan, sementara untuk daerah lain itu sudah lama ada. Mudah-mudahan proyek yang dikerjakan langsung Koptan itu dapat diselesaikan sebelum akhir Desember,” harapnya.   (tan) (metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut