71 Siswa SMP Sidimpuan Terancam Tak Lulus


0

SIDIMPUAN – Sedikitnya 71 pelajar dari total jumlah 4.451 peserta UN tingkat SMP sederajat tak hadir hingga hari kedua ujian berlangsung, Selasa (6/5).

Kepada METRO, Kepala Dinas Pendidikan Psp Drs Nelpisar MHum bersama Kabid Dikmen Mahlil Harahap SPd mengatakan, hari kedua pelaksanaan UN tingkat SMP di Psp dengan mata pelajaran matematika, tercatat 71 siswa tidak hadir mengikuti UN dengan berbagai alasan. Jelasnya lagi, jumlah tersebut sama dengan pada pelaksanaan UN hari pertama, Senin (5/5).

“Untuk hari kedua ini, mata pelajaran yang diujikan yaitu matematika. Dan berdasarkan rekapitulasi dari petugas di setiap sub rayon, diketahui 71 siswa tidak hadir mengikuti ujian dan jumlahnya sama dengan hari pertama,” jelas Nelpisar. “Untuk yang diketahui sakit ada sebanyak 24 orang, meninggal dunia 4 orang dan tanpa keterangan yang jelas sebanyak 43 orang,” sambungnya.

Dari jumlah tersebut, Nelpisar menjelaskan, untuk 43 orang tanpa keterangan yang jelas bisa dikatakan sudah Drop Out (DO) atau sudah tidak bersekolah lagi. “Ada yang menikah, tidak bersekolah atau berhenti tanpa pemberitahuan kepada pihak sekolahnya,” ujarnya.

Mengenai peserta yang tidak hadir itu, Nelpisar mengkhawatirkan akan terancam tidak lulus, sebab dalam penghitungan nilai nantinya, terjebak pada kekurangan angka standar yang diraih siswa. Namun untuk mengantisipasinya, Dinas Pendidikan Kota Psp mengimbau bagi siswa yang tidak hadir agar dapat mengikuti ujian susulan yang akan dilaksanakan nantinya.

“Bagi siswa yang tidak hadir UN, nantinya bisa membawa surat keterangan masing-masing. Misalnya, siswa dalam keadaan sakit atau kecelakaan lalu lintas dan sebagainya.

Harus melampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Kemudian mendaftarkan diri ke masing-masing sekolah dan selanjutnya sekolah mendaftarkannya ke Dinas Pendidikan,” imbaunya. Dan untuk ujian susulan akan dilaksanakan pada Senin (12/5) hingga Jumat (16/5) mendatang. (yza) (Metrosiantar.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut