8 Tanda Penyakit Akibat Kurang Makan Pisang


0

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin tidak banyak mendengar tentang bahaya kekurangan kalium. Padahal, kekurangan kalium dan potasium yang banyak terdapat di pisang sangat penting untuk kekuatan otot, fungsi saraf, dan sistem kardiovaskular yang sehat.

Melansir laman Womenshealth, Senin (10/3/2014) Ahli gizi dari Philadelphia, Janet Brill, Ph.D., RD mengungkapkan bahwa pisang, melon, alpukat dan kacang putih sebenarnya telah direkomendasikan untuk dikonsumsi sebanyak 4.700 mg per hari. Mengapa?

Menurut Janet, semakin banyak sodium yang Anda konsumsi akan semakin banyak pula kalium terbuang pada tubuh Anda. Sementara kalium diperlukan tubuh untuk mengendalikan sistem saraf, membantu kontraksi otot, pengendali detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologi penting lainnya. Sayangnya, sangat sulit untuk mengetahui ciri-ciri kekurangan kadar kalium dalam tubuh sehingga Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Meski begitu, Janet menjelaskan tanda-tanda penyakit yang dapat terjadi bila Anda kekurangan kalium sebagai berikut:

1. Sulit tidur

Setiap sel dalam tubuh Anda membutuhkan jumlah kalium yang tepat.  Jika Anda merasa sulit tidur, kalium mungkin menjadi penyebabnya.

2. Tekanan darah tinggi (hipertensi)

“Kalium membantu merelaksasi pembuluh darah,” kata Janet. Tanpa cukup kalium, tekanan darah seseorang dapat melonjak.

3. Banyak mengonsumsi makanan olahan dan tinggi garam (natrium)

Mengonsumsi makanan olahan dan tinggi natrium akan membuat Anda memiliki kalium rendah. Makanan ringan seperti kerupuk atau makanan beku juga mengandung natrium tinggi.

4. Otot lemas

“Kalium berperan dalam kontraksi otot sehingga Anda mungkin merasa rasa sakit dan bahkan kejang,” kata Brill.

5. Jantung berdegup kencang

“Ini menakutkan dan aneh ketika jantung Anda tiba-tiba berdegup cepat tanpa alasan yang jelas sama sekali. Banyak hal yang dapat menyebabkan denyut jantung atau palpitasi, tapi kalium rendah adalah salah satu alasannya,” ungkap Janet.

6. Sering pusing

Janet mengatakan, kurang kalium juga dapat membuat Anda lemas dan akan pingsan.

7. Konstipasi (perut kembung dan kram)

Kedengarannya aneh, tapi kadar kalium yang rendah dapat memperlambat fungsi tubuh dan sistem pencernaan. Tidak terkecuali rasa kembung dan kram perut juga dapat terjadi.

8. Nyeri saraf

Kalium membantu menjaga saraf Anda tetap sehat dan tanpa itu, Anda mungkin akan merasa nyeri seperti tertusuk jarum.

 

(Abd)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut