Aek Bilah satu-satunya kecamatan di Tapsel yang belum ada SLTA


0

Tapanuli Selatan – Warga Kecamatan Aek Bilah, Kabupaten Tapsel, mendambakan berdirinya Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) negeri di wilayah mereka, baik SMA maupun SMK.

Pasalnya, untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat SLTA, anak-anak dari Kecamatan itu harus memanfaatkan sekolah di kecamatan lain, bahkan daerah lain.

“Aek Bilah merupakan satu-satunya kecamatan di Tapsel yang belum ada berdiri SLTA. Umumnya anak-anak dari sana, sekolah di luar daerah,” terang Ketua Aliansi Pamuda Peduli Aek Bilah Efendi Rambe.

Saat ini ada dua SMPN di Aek Bilah, yaitu SMPN Sibulambu yang berbatasan dengan Kecamatan Garoga Kabupaten Tapanuli Utara dan SMPN Biru di ibukota Kecamatan Aek Bilah.

“Saya perhatikan, kedua SMPN ini pun, kurang diminati generasi disana, karena kondisi jalan yang berdampak pada jarak antar desa menjadi jauh. Juga fasilitas dan tenaga guru yang dinilai masih belum maksimal, sehingga banyak anak Aek Bilah memilih sekolah di luar daerah seperti Sidimpuan, Paluta, Sipirok dan bahkan Medan serta daerah lainnya,” terangnya.

Karena itu sambungnya, Pemprovsu melalui Disdik perlu merencanakan pendirian SMAN atau SMKN di Kecamatan Aek Bilah. [metrotabagsel.com]


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut