Akhir Tahun 2014 Pusat Perkantoran Pemkab Tapsel Dialiri Air Bersih


0
Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu bersama rombongan, meninjau penanaman pipa air bersih dari Sungai Aek Nagargar menuju Desa Kilang Papan, Kecamatan Sipirok. (Amran Pohan/Metro Tabagsel)
Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu bersama rombongan, meninjau penanaman pipa air bersih dari Sungai Aek Nagargar menuju Desa Kilang Papan, Kecamatan Sipirok. (Amran Pohan/Metro Tabagsel)

TAPSEL – Akhir tahun 2014 ini, Pusat perkantoran Pemkab Tapanuli Selatan di Dano Situmba, Desa Kilang Papan, Kecamatan Sipirok, bersama pemukiman masyarakat di sekitarnya, ditargetkan sudah menerima distribusi air bersih yang bersumber dari Sungai Aek Nagargar di Desa Sialaman.

“Paling lambat awal 2015 air bersih sudah terdistribusikan ke pemukiman penduduk dan pusat perkantoran di Kilang Papan Sipirok,” sebut Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu SH, saat meninjau penanaman pipa air bersih di Desa Sialaman, Minggu (16/11) sore.

Saat melakukan peninjauan Bupati didampingi Kadis Tarukim Kabupaten Tapsel Ir Syahril, Kadis dan Sekretaris PUD Ir Mulia Rahmat Nasution MAS dan Demson Batubara BA, Dirut PT Tapanuli Selatan Membangun (TSM) Syamsul Qomar.

Lebih lanjut Syahrul menyebutkan, air yang dipakai di perkantoran selama ini masih bersumber dari air yang ada di sekitar areal pertanian warga, yang dialirkan melalui selang dan pipa. Dan sebagian lainnya diangkut pakai truk tanki air.

Dijelaskan, pekerjaan proyeksi air bersih ini sudah berlangsung dua tahap. Dimana sumber dana pembangunannya adalah dari APBN, melalui Peningkatan Sumber Daya Air (PSDA) dan Satker Pengembangan Kinerja Pengelolaan Air Minum (PKPAM) Provinsi Sumatera Utara.

Tahap pertama di 2013, pembangunan bendung air (intake) Sungai Aek Nagargar dan tanam pipa jaringan induk. Tahap dua pada tahun 2014 ini berupa pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) dan tanam pipa jaringan transmisi sampai Desa Kilang Papan, Tolang dan sekitarnya.

“Untuk jaringan distribusi, kita yang kerjakan dengan sumber pembiayaan dari APBD. Kita sedang menunggu selesainya penanaman pipa transmisi. Sebagian saluran pengantar air dari Sungai Aek Nagargar ke pemukiman penduduk dan pusat perkantoran,” jelasnya.

Terkait kelangsungan sumber air bersih ini. Bupati sangat berharap kepada seluruh masyarakat, untuk sama-sama menjaga kelestarian dan ekosistem hutan yang ada di hulu Sungai Aek Nagargar.

“Air bersih menopang kehidupan kita bersama. Marilah bersama-sama menjaga kelestarian hutan dan tumbuhan penyangga air lain yang berada di hulu sungai. Sebenarnya bukan hanya di Sungai Aek Nagargar, tapi di seluruh sungai yang ada di Tapsel,” ungkapnya. (ran) (Metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut