Aset Pemkab Palas Tak Jelas


0

SIBUHUAN  – Aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padanglawas (Palas) sampai sekarang tidak jelas, sekalipun sejak daerah otonomi baru ini terbentuk sejak 2007 dan telah beberapa kali pergantian pimpinan pemerintahan. Belum ada laporan tentang aset daerah Padanglawas.

Demikian Ketua DPRD Kabupaten Palas H M Rido Harahap di dampingi anggota DPRD Ir. Haris Simbolon dan H M Yunan Hasibuan kepada wartawan di secretariat DPRD Palas, Senin (28/4).

Dikatakan, hingga sekarang, data aset Pemkab Palas belum jelas, bahkan laporan Pemkab Palas mengenai aset daerah tidak ada, baik aset bergerak maupun aset tidak bergerak.

‘’Padahal, DPRD telah beberapa kali mengingatkan Pemkab Palas untuk segera membuat laporan aset, namun tidak pernah direalisasikan. Sementara setiap tahun anggaran dalam penyampaian laporan keuangan daerah,selalu mendapat opini disclaimer dari BPK RI karena tidak ada data laporan tentang aset daerah, hal ini selalu terulang sejak 2009 hingga 2013,’’ ujar HM Ridho Harahap.

Maka, kata dia, setiap kali pembahasan nota keuangan dan laporan pertanggung jawaban Pemerintah Kabupaten Padanglawas, selalu di ingatkan untuk segera menyelesaikan pendataan dan menginventarisir aset daerah.

DPRD Palas juga telah tiga kali mengundang pemerintah kabupaten untuk melakukan rapat dengan pendapat mengenai aset Pemkab Palas, tetapi mereka tidak datang, dan tidak ada memberi jawaban dan alasan ketidakhadiran.

‘’Selama ini, pertambahan asset selalu ada setiap tahun,namun tidak ada data yang jelas, termasuk inventaris atau hibah dari kabupaten induk Tapanuli Selatan. Ini seharusnya dilaporkan setiap tahun,’’ kata H.Rido.

Maka dalam waktu dekat kata H.Rido bersama anggota DPRD lainnya akan menggelar rapat internal menyikapi masalah kejelasan aset Pemkab Palas. Bupati Padanglawas, H Ali Sutan Harahap (TSO) kepada wartawan mengatakan,

Pemkab hingga hari ini belum ada menerima surat undangan ataupun panggilan dari DPRD untuk menggelar RDP.

‘’Jika ada, tidak mungkin Pemkab mangkir,’’ katanya.

Dikatakan, DPRD seharusnya tidak fokus terhadap masalah asset yang saat ini sedang disusun laporannya, sebab semua pihak juga tahu, Pemkab punya peranan terhadap keberlangsungan Pemilu.

‘’Dan DPRD seharusnya memfokuskan untuk membahas dan mensahkan Perdatentang itu, di mana sampai saat ini DPRD belum juga dapat membuat Perda terkait aset,’’ kata bupati. (a33) .. (Waspada)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut