Balai Jalan Lamban Perbaiki Jalinsum


0

SIBOLGA (Waspada): Anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) Parlindungan Purba sangat menyesalkan lambannya perhatian Kementerian Pekerjaan Umum, khususnya Balai Besar Jalan Nasional  untuk memperbaiki sejumlah badan Jalinsum yang telah rusak parah, khususnya di kawasan Pantai Barat Sumut yang juga menjadi gerbang masuk dan melintasi Kota Sibolga.

“Saya sangat prihatin dengan kondisi badan jalan lintas sumatera (jalinsum) yang banyak rusak, khususnya di kawasan Pantai Barat Sumut. Karena,selama kunjungan kerja saya di daerah ini, hampir seluruh badan jalan telah rusak. Tentunya kondisi badan jalan yang rusak ini, sangat mengganggu urat nadi perekonomian rakyat di kawasan ini,” kata anggota DPD Parlindungan Purba saat kunjungan kerjanya di Pemko Sibolga, Jumat (7/2).

Selanjutnya, dijelaskan anggota DPD dari Sumut Komite 2 membidangi infrastruktur itu,berbagai jalan yang sangat memprihatinkan termasuk badan Jalinsum dari Taput (Tarutung)ke Sibolga, dari Tapsel (Batangtoru) ke Sibolga dan juga dari Taput (Tarutung) ke Tapsel via Sipirok.

“Menurut pengalaman perjalanan darat yang saya lakukan,hampir seluruh badan jalan tersebut telah rusak parah. Kita sangat iri dengan kondisi badanj alan di luar Sumut yang relatifl ebih bagus dibandingkan dengan kondisi badan jalan di kawasan Pantai Barat Sumut  termasuk jalan masuk Kota Sibolga. Makanya, kita sangat menyesalkan lambannya perhatian dari Balai Besar Jalan yang mengurusi jalan nasional ini,” jelas Parlindungan Purba sembari menyebutkan juga adanya gangguan transportasi udara karena kabut.

Hal senada dikatakan Wakil Wali Kota Sibolga Marudut Situmorang yang melaporkan kondisi Kota Sibolga yang nyaris “mati”perekonomiannya karena buruknya kondisi badan jalan termasuk dari Tarutung (Taput) ke Sibolga dan dari Tapsel ke Sibolga.

“Salah satu yang membuat pendatang malas berkunjung ke Kota Sibolga, termasuk karena buruknya kondisi badan Jalinsum ini. Untuk itu, kami sangat berharap Pak Parlindungan Purba sebagai anggota DPD, dapat“menjolok” ke Kementerian PU,agar badan Jalinsum yang menghubungkan dari daerah lain ke Kota Sibolga menjadi lebih baik,” harap Wakil Wali Kota.

Menurut S. Dachi, perwakilan Balai Besar Jalan Nasional Wilayah 12 yang mempunyai wilayah kerja khususnya perbaikan jalan nasional dari Taput ke Tapteng dan Sibolga serta dari Tapsel ke Tapteng dan Sibolga, karena keterbatasan dana dari APBN, makanya masih banyak badan Jalinsum di kawasan Pantai Barat ini masih rusak.

“Seperti halnya badan Jalinsum dari Taput ke Sibolga,kemungkinan tahun ini hanya bisa dikerjakan perbaikannya sepanjang 3 kilo meter, yakni Jalinsum Sibolga-Tarutung, mulai dari batas Kota Sibolga dengan Tapteng,” kata S.

Dachi yang mendampingi Parlindungan Purba pada kunkeritu.  Sementara,lanjutnya,sebagian besar perbaikan badan jalan Sibolga dan Tapteng-Tarutung kemungkinan bisa diperbaiki pada 2015.

Begitu juga untuk badan Jalinsum dari Sibolga ke Padang sidimpuan (Tapsel)juga diperkirakan dikerjakan 2015.Mendengar jawaban dari yang mewakili Balai Besar Jalan Nasional itu yang terkesan lama,Parlindungan Purba berjanji akan segera berangkat ke Kementerian PU untuk mengusulkan percepatan perbaikan badan Jalinsum sebagai aksek  ke Kota Sibolga.

“Karena kemungkinan perbaikan Jalan Nasional di kawasan ini telah rusak parah dan perbaikannya akan terkesan masih lama, maka saya pada 13 Maret 2014 ini akan langsung ke Kementerian PU, untuk melaporkan agar pelaksanaan perbaikannya dapat dipercepat,” tukas Parlindungan Purba. (cpol) (WaspadaMedan)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut