Banyak Pengemis dan Orang Gila Berkeliaran di Sidimpuan


0
Ilustrasi
Ilustrasi

Padangsidimpuan –  Banyak pengemis dan orang gila berkeliaran khususnya di pusat Kota Padangsidimpuan. Pantauan Analisa, Selasa (21/10), jumlah gelandangan dan pengemis terus bertambah setiap pekan.

Sebagian besar pengemis itu berasal dari luar daerah seperti Mandailing Natal (Madina), Tapanuli Selatan (Tapsel), Padanglawas Utara (Paluta) dan Padanglawas (Palas). Sedangkan, para orang gila itu banyak berasal dari luar provinsi Sumatera Utara (Sumut) seperti Sumatera Barat, Jambi bahkan ada yang dari Provinsi Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Kondisi itu, membuat masyarakat Kota P. Sidimpuan karena keberadaan orang gila itu membuat khawatir jikalau mereka berbuat anarkis.

“Macam ragam model mereka, ada yang jalan bertelanjang bahkan ada yang mau melempar batu kepada masyarakat dan rumah yang dijumpainya,” ujar Kodir (48), warga Kota P. Sidimpuan.

Hal senada dikatakan Fauzi Hasibuan, yang berharap adanya tindakan tegas dari Pemko P. Sidimpuan agar keberadaan orang gila dan pengemis di kota dalihan natolu ini bisa diminimalisir.

“Ngopi saja di warkop kita tidak tenang karena ada-ada saja nanti orang gila yang merampas minuman dan rokok kita tiba-tiba. Belum lagi gangguan dari pengemis yang kalau dilihat secara fisik sehat-sehat saja,” ungkapnya.

Kadis Sosial Kota P. Sidimpuan Lutfi Siregar membenarkan, menjamurnya pengemis dan orang gila beberapa bulan terakhir. “Kehadiran mereka, kerisauan kita bersama, patut diduga banyak di antara mereka buangan dari daerah lain,” katanya.

Ditegaskannya, dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Satpol PP untuk meminimalisir keberadaan orang gila dan pengemis itu. Disinggung kendala dihadapi, Lutfi mengaku tidak adanya tempat penampungan bagi para orang gila yang terjaring nantinya.

“Penampungan menjadi faktor utama kendala kita dalam menertibkan khusunya para orang gila, namun demikian kita akan berupaya mencari solusinya agar bumi dalihan natolu ini bisa kembali terlihat indah,” tuturnya. (hih) Analisa


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut