BI Komitmen Dorong Perbankan Syariah di Kota P. Sidimpuan


0

Padangsidimpuan –  Bank Indonesia (BI) berkomitmen terus mendorong pertumbuhan bank syariah seiring perkembangan ekonomi domestik yang cukup baik diKota Padangsidimpuan.

“Saya menegaskan, BI akan terus mendukung dan mendorong pencanangan gerakan ekonomi syariah, terutama bagi perbankan yang ada diKota P.Sidimpuan,” ujar Dirut BI Sibolaga, wilayah Tapanuli dan kepulauan Nias Yiyok Erlambang, kepada wartawan disela-sela jalan santai pada acara pencanangan gerakan ekonomi syariah di Kota P. Sidimpuan, Minggu (22/12).

Menurutnya, pertumbuhan perbankan syariah semakin pesat, bahkan pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia menduduki urutan ke-4 di dunia baik dari sisi peningkatan aset dan dana pihak ketiga (DPK).

“Untuk itu, BI akan terus melakukan berbagai usaha di daerah-daerah sesuai dengan wilayah kerjanya masing-masing.

Lebih lanjut dia mengatakan, segala upaya terus dilakukan BI untuk mengembangkan perbankan syariah. Yakni mengarahkan pembiayaan perbankan syariah sesuai dengan ekonomi produktif masyarakat seperti untuk pembiayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), ” terangnya.

Dikatakan, upaya berikutnya mengembangkan dan menyempurnakan produk sesuai kebutuhan masyarakat, sehingga dapat memperkuat unit kerja dan mempercepat pengembangan aset.

”Selain itu, peningkatan edukasi dan sosialisasi ke masyarakat mengenai perbankan syariah juga terus dilakukan untuk pengembangan,”katanya.

Yiyok mengajak, masyarakat untuk berpartisipasi dan mengembangkan ekonomi syariah di Kota Padangsidimpuan. Ditambah lagi, Kota P.Sidimpuan dikenal dengan daerah yang religious.

“Saya menyakini, pencanangan gerakan ekonomi syariah dapat cepat diterima oleh warga kota P.Sidimpuan, “tuturnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota P.Sidimpuan, Muhammad Isnandar Nasution menilai, perbankan syariah akan tumbuh pesat didaerah ini, sebab, minat masyarakat untuk memanfaatkan seluruh program dari perbankan syariah tersebut semakin tinggi.

Selain itu, pemerintah juga akan melakukan kerjasama yang baik dengan perbankan-perbankan syariah yang ada di Kota Padangsidimpuan, sehingga sector UKM bisa terbantu melalui program-program yang sudah ada.

“Saya yakin, perbankan syariah tersebut akan tumbuh pesat di Kota P.Sidimpuan, karena didorong dengan program-program yang menyentuh ekonomi menengah kebawah,” tegasnya.

Dijelaskannya,saat ini, pemerintah sedang berusaha mendata para pelaku UKM, sehingga kedepannya, pelaku-pelaku UKM tersebut dapat bantuan peningkatan usaha dari perbankan syariah yang ada di Kota P. Sidimpuan. (hih) (Analisa)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut