Biota Sungai Batangtoru Tapsel Aman dari Dampak Limbah


0
Sungai Batang Toru
Sungai Batang Toru

Tapsel – Biota yang terkandung dalam Sungai Batangtoru aman dari dampak limbah produksi tambang emas martabe.

“Hasil uji laboratorium, tidak ada dampak negatif terhadap biota Sungai Batangtoru  sebelum dan sesudah adanya limbah,” ujar Guru Besar MIPA Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Ternala Alekxander Barus di sela-sela pembukaan amplop dan pembacaan hasil uji laboratorium di Aula Tambang Emas Martabe, Desa Aek Pining Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Kamis (14/11) sore.

Dijelaskan, penelitian secara berkala terhadap kondisi biota Sungai Batangtoru, bekerjasama dengan Universitas Sumatera Utara. Sejak 2012, pengambilan sampel jenis-jenis biota Sungai Batangtoru telah dilakukan sebanyak delapan kali dan dilakukan setiap bulan Februari, April, Agustus, dan November.

Sedangkan uji kandungan logam pada biota sungai dilakukan PT Intertek Testing Service. Hasil dari pengambilan sampel dan uji logam, telah disampaikan kepada Divisi Evaluasi pada Agustus lalu bersamaan dengan pengumuman hasil uji laboratorium air sisa proses yang ketiga.

Lokasi pengambilan sampel jenis biota  adalah Sungai Aekpahu Hutamosu, Aek Pahu Tombak, Pertemuan Aekpahu Hutamosu dan Tombak dan Sungai Batangtoru. “Tepatnya, 500 meter di atas titik akhir pengaliran air sisa proses, pertemuan air sisa proses dan air sungai, 500 meter, 1000 meter, 2000 meter dan 3000 meter dari lokasi pengaliran air sisa proses, “katanya. Direktur Operasional Tambang Emas Martabe Tim Duffy mengatakan, hasil uji laboratorium menunjukkan, komitmen Tambang Emas Martabe terhadap lingkungan. Air sisa proses yang dialirkan tidak membawa perubahan terhadap kualitas air Sungai Batangtoru sehingga membawa rasa aman bagi warga, demikian pula, tidak ada dampak pada biota Sungai Batangtoru.

“Hasil ini tentu akan terus kami pertahankan selama Tambang Emas Martabe beroperasi,”  katanya. Sebelumnya, pengumuman hasil uji air sisa proses telah dilakukan pada 4 November 2013, 4 Februari 2014,  dan 16 Agustus 2014.

Pada periode Februari hingga April 2014, tidak ada pengumuman hasil uji air sisa air proses dikarenakan tidak ada air sisa proses yang dialirkan ke Sungai Batangtoru.

Selama empat kali uji laboratorium, baku mutu air limbah  yang dialirkan ke Sungai Batangtoru memenuhi parameter baku mutu air limbah yang ditentukan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No 202/2004 tentang Baku Mutu Air Limbah Bagi Usaha dan/atau Kegiatan Pertambangan Bijih Emas aan/atau Tembaga.

Pembukaan amplop dan pembacaan hasil uji laboratorium dilakukan oleh Tim Terpadu Pemantau Kualitas Air Limbah yang dipimpin Ketua Tim, Wakil Bupati Tapanuli Selatan, Aldinz Rapolo Siregar.

Pemantau Kualitas Air Limbah Tambang Emas Martabe ke Sungai Batangtoru Kabupaten Tapsel. Kandungan logam yang diteliti, antara lain, tingkat keasaman air (pH), TSS, kadmium (Cd), kromium (Cr), merkuri (Hg), nikel (Ni), sianida (CN), arsen (As), tembaga (Cu), timbal (Pb) dan seng (Zn). (hih) (Analisa)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut