BPBD Paluta Akan Luncukan Peta Rawan Bencana


0

Paluta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), dalam waktu dekat akan menetapkan daerah rawan bencana di 9 wilayah kecamatan. Hal itu dilakukan sebagai langkah awal penyiapan warga terkait dengan penanggulangan bencana dan pemetaan tersebut, saat ini masih ditangani konsultan yang telah ditunjuk sesuai rencana akan selesai di akhir bulan ini.

 

Menurut Kaban BPBD Paluta Ridi AP, pemetaan rawan bencana tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi, baik itu dari kalangan pemerintah maupun masyarakat, terkait potensi bencana alam apa yang bisa terjadi di daerahnya, dan apa penyebab sehingga bencana itu terjadi.

 

Dari hasil pemetaan BPBD tentang titik lokasi rawan bencana meliputi bencana tanah longsor terdapat di Kecamatan Dolok Sigompulon, Kecamatan Padang Bolak, Kecamatan Portibi, Kecamatan Batang Onang dan bencana banjir terjadi Kecamatan Padang Bolak dan Kecamatan Simangambat sementara untuk bencana kebakaran di Kecamatan Padang Bolak, Kecamatan Padang Bolak Julu dan Kecamatan Ulu Sihapas.

 

Tapi katanya itu hanya masih sebatas gambarannya saja sebab untuk peta titik rawan bencana itu nanti akan selesai pada 23 Desember 2013 dan saat ini masih dikerjakan pihak konsultan.

 

Ridi menambahkan pembuatan peta rawan bencana ini juga melibatkan peran serta masyarakat di setiap daerah yang terindikasi rawan bencana, pihak masyarakat didampingi BPBD akan lakukan tinjauan maupun pendataan se akurat mungkin tentang lokasi bencana, sehingga untuk ke depannya masyarakat bisa mengetahui titik-titik lokasi rawan bencana yang ada di daerahnya. (ong) (ANalisa)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut