Bulog gelar operasi pasar di Padangsidimpuan


0

Padangsidimpuan – Untuk menekan kenaikan harga, Sub Divisi Regional IV Bulog Padangsidimpuan mengelar operasi pasar di pusat pasar Kota Padangsidimpuan. operasi pasar digelar di Jalan Thamrin Pusat Pasar Kota Padangsidimpuan menjual kebutuhan pokok harganya lebih murah dari harga pasaran umumnya.

Harga beras IR misalnya Rp 8.000/kg, minyak goreng Rp 11.000/kg, bawang putih Rp 38.000/kg, dan gula pasir Rp 12.300/kg. Kepala Sub Divisi Regional IV Bulog Padangsidimpuan Djadjat Sudrajat kepada MedanBinis, Kamis (8/6) mengatakan, operasi pasar ini sudah digelar sejak seminggu lalu.

“Dengan operasi pasar ini bisa menekan harga kebutuhan pokok agar tidak melambung tinggi di bulan Ramadhan. Dan sejumlah kebutuhan pokok harganya kini mulai normal,” katanya.

Khusus untuk bawang putih belum bisa ditekan di level harga Rp 38.000/kg harga yang dibuat pada operasi pasar Bulog. “Harga bawang putih berangsur mulai turun setelah operasi pasar kita gelar. Yang sebelumnya harga bawang putih di atas Rp 50.000/kg kini berangsur turun antara Rp 45.000/kg – Rp 48.000/kg,” katanya.

Para pedagang di pusat-pusat pasar Kota Padangsidimpuan menjual bawang putih Rp 40.000/kg – Rp 50.000/kg. Tidak itu saja pedagang yang bersebelahan saja tidak sama menetapkan harga penjualan bawang putih ini.

“Ya kita akui itu, bahwa operasi pasar yang kita buat ini belum signifikan bisa menekan harga di pasar. Tapi setidaknya harga tidak begitu mencolok kenaikannya. Karena kita ada di pasar buat harga bawang putih Rp 38.000/kg,” tambahnya.

Harga kebutuhan pokok di Kota Padangsidimpuan secara umum cenderung stabil. Akan tetapi harga komoditas bawang putih di kota salak itu mengalami harga tidak normal.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Safri Dewasa mengatakan, harga kebutuhan pokok secara umum tergolong normal walau sejumlah komoditas mengalami kenaikan. “Hal yang wajar bila harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Apalagi kenaikannya tidak signifikan,” katanya.

Hal senada juga dikatakan Kabag Ekonomi dan Kesra Kota Padangsidimpuan Sumiaty Siregar bahwa dengan adanya operasi pasar yang dibuat Bulog sangat berdampak positif terhadap harga di pasar. Harga kebutuhan tidak terlalu mencolok kenaikannya bila bercermin di tahun lalu saat Ramadhan tiba.

“Harga boleh naik karena suasana Ramadhan tapi tidak mencolok kenaikannya dibanding Ramadhan tahun lalu. Inflasi Kota Padangsidimpuan dapat ditekan dengan cara operasi pasar seperti ini,” tutupnya. [medanbisnisdaily.com]


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut