Bupati Madina: Musrenbang Wadah Konsultasi Publik


0

Panyabungan. Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) merupakan media utama konsultasi publik bagi stakeholder daerah untuk menetapkan program dan kegiatan daerah serta rekomendasi kebijakan. Hal ini untuk mendukung implementasi program dan kegiatan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten. Hal ini dikatakan Plt Bupati Mandailing Natal (Madina) Drs Dahlan Hasan Nasution, saat membuka Musrenbang Kabupaten Madina Tahun 2015, di Gedung Serbaguna Parbangunan, Panyabungan, Kamis (20/3).

Dalam kegiatan Musrenbang yang dilaksanakan selama dua hari yakni 20-21Maret 2014 diikuti seluruh SKPD Pemkab Madina, perwakilan elemen masyarakat dan organisasi yang ada di daerah tersebut. “Kegiatan ini sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan rencana strategis satuan keja perangkat daerah (Renstra-SKPD),” ujar Dahlan Hasan.

Kepala Bapeda Abu Hanifah dalam kesempatan tersebut, mengatakan, musrenbang pada tahun 2015 ini dilakukan dengan pola pendekatan perencanaan partisipatif melalui mekanisme top down dan bottom up planning, yang dimulai dengan identifikasi kebutuhan dan penjaringan aspirasi masyarakat melalui forum musrenbang desa/kelurahan.

“Untuk selanjutnya disepakati dalam forum musrenbang kabupaten, sehingga menghasilkan kesepakatan dan komitmen diantara para pelaku pembangunan atas isu strategis, program dan kegiatan yang akan dituangkan dalam RKPD Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2015,” jelasnya. (zamharir rangkuti) (MedanBisnisDaily.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut