Bupati Tapsel serukan untuk mengembangkan budaya ‘Marsialap Ari’


0

Tapanuli Selatan – Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu menyerukan untuk mengembangkan budaya ‘marsialap ari’ atau gotong royong yang sudah mulai terlupakan di daerah itu.

“Ayo!…mari kita giat dan kembangkan kembali budaya kegotong royongan sebagai warisan leluhur kita khususnya di daerah kita ini,” katanya.

Seruan Bupati sampaikan saat pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XIV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45 Tahun 2017 untuk Tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan, di Desa Palsabolas, Rabu.

Bila direnungi gotong royong sesungguhnya budaya yang sudah sangat lama sudah sejak nenek moyang kita sejak ratusan tahun,  namun 14 tahun kebelakang kembali diformasikan secara nasional.

“Bagi seluruh masyarakat baik yang ada di dusun, desa, kelurahan ataupun lingkungan perlu memaknai gotong royong di Tapanuli Selatan dikenal ‘mar sialap ari’ tersebut dengan semangat kebersamaan,”sebutnya.

Semangat gotong royong perlu dijaga dan dikembangkan dalam rangka menata keharmonisan antar sesama masyarakat atau disitilahkan dengan ‘lokal wisdom’ atau kearifan lokal.

“Ditengah kondisi jaman dengan berbagai tantangan yang ada saat ini budaya gotong royong tersebut penting sebagai benteng menjaga kekompakan kebersamaan antar suku adat ras dan agama,”sebutnya.

Menurut Bupati melalui gotong royong juga akan mampu dan dapat menjaga kebhinekaan dalam konteks negara kesatuan RI secara umum.

“Oleh karenanya seluruh Camat di 14 kecamatan se-Tapsel diinstruksikan  untuk melakukan koordinasi dengan seluruh kepala lurah untuk dapat bersama-sama masyarakatnya menggerakkan gotong royong tersebut,”tegasnya.

Gotong royong tidak hanya bersifat membersihkan lingkungan akan tetapi lebih dari itu mari kita wujudkan budaya gotong royong dalam mendorong percepatan pembangunan daerah.

Selain itu Bupati juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga bahkan meningkatkan sinergitas dengan PKK di desa dan lingkungan dalam rangka memberihasilkan program PKK.

“Lewat program nasional dan memberhasilkan HKG mari kita bangun dan tingkatkan sinergitas dengan seluruh PKK setiap tingkatan dengan berdasar semangat kegotong royongan,” jelasnya.

Acara pencanangan yang digelar Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa tersebut dihadiri Ketua TP PKK Syaufia Lina Syahrul M.Pasaribu, Asisten, Kepala Badan, Ketua MUI Tapsel, Kepala SKPD, Camat, PKK Kecamatan dan desa, Muspika, tokoh agama, adat dan masyarakat. [antarasumut.com]


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut