Camat Batangtoru Tapsel fasilitasi pelatihan kader UP2K


0

Tapanuli Selatan – Camat Kecamatan Batangtoru, Tapanuli Selatan memberikan perhatian serius terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan warganya dengan memberikan berbagai pelatihan di bidang usaha peningkatan industri rumah tangga.

Faktanya, baru-baru ini kader Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)-PKK Desa Binaan Hapesong Baru, Kecamatan Batangtoru, Tapsel mendapatkan pelatihan guna meningkatkan pengetahuan mereka dalam usaha industri atau kerajinan rumah tangga.

Hal itu dikatakan Camat Kecamatan Batangtoru, M Yamin Batubara di Tapsel, Selasa (18/4). Dia menerangkan kedua kelompok UP2K PKK Hapesong Baru yang mendapat pelatihan tersebut yaitu Kelompok Sahata, dan Kelompok Marsada.

Kata Camat, kelompok Sahata dengan narasumber Cut Hutabarat memberikan pengetahuan tentang usaha membangkitkan makanan khas daerah itu (kuliner).
Kemudian, kelompok Marsada dengan narasumber Indri Gandi mengajarkan bagimana pemanfaatan potensi daerah menjadi home industri atau kerajinan rumah tangga, di kantor Desa Hapesong Baru, Senin (17/4).

Memang kata Camat Batangtoru, sejak dua tahun ke belakang kedua kelompok UP2K PKK Desa Binaan Hapesong Baru itu sudah mengembangkan kedua usaha tersebut dalam rangka menopang dan meningkatkan ekonomi rumah tangga mereka.

Seperti produksi keripik pisang, tempe goreng dan lainnya dibidang makanan ringan, serta gantungan kunci, mangkok, tempat tissu semuanya berbahan tempurung kelapa yang bermodalkan kelompok.

“Meski sudah bergerak dibidang kedua usaha makanan ringan dan home industri tetapi kedua kelompok Sahata dan Marsada perlu lagi mendapatkan pengetahuan baru dari instruktur,” katanya.

Setiap kelompok UP2K Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) masing-masing beranggotakan sepuluh orang per kelompok dan kedua kelompok itu berharap ikut pelatihan akan menambah inovasi usaha bahkan lebih meningkat.

Selaku pembina pihak Kecamatan akan memperhatikan usaha ekonomi produktif, yang dapat mengembangkan lapangan usaha dengan didukung potensi, ketersediaan bahan baku dan teknologi lokal bagi dua kelompok khusus UP2K Hapesong Baru tersebut.

“Pelatihan kita fasilitasi guna memperkuat pengetahuan kelompok PKK dalam mengelola dan menumbuhkembangakan usaha ekonomi untuk meningkatkan pendapatan keluarga,” kata camat. [medanbisnisdaily.com]


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut