China Diminta Periksa Ulang Latar Belakang Warganya Penumpang MAS MH370


0

Kuala Lumpur – Otoritas Malaysia meminta otoritas China untuk memeriksa kembali latar belakang masing-masing penumpang asal China pada pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370. Hal ini mengingat penyelidikan kini difokuskan pada profil pilot, awak serta penumpang pesawat tersebut.

Seperti dilansir New Straits Times, Selasa (18/3/2014), hal ini juga merujuk pada indikasi bahwa pesawat sengaja dialihkan oleh seseorang dengan kemampuan dan pemahaman penerbangan yang mumpuni.

Pelaksana Tugas Menteri Transportasi Malaysia Datuk Seri Hishammuddin Hussein menanggapi pertanyaan soal indikasi keterkaitan ketegangan otoritas China dengan etnis Uighur di Provinsi Xinjiang, China.

“Ketika kami memeriksa latar belakang dari dua penumpang asal Iran, manifes penerbangan telah diserahkan ke pihak otoritas China dan telah diperiksa,” tutur Hishammuddin.

“Tapi beberapa jam lalu, saya meminta intelijen China untuk memeriksa kembali dan lebih mengintensifkan pemeriksaan terhadap latar belakang penumpang,” imbuhnya.

Nama dua penumpang Iran yakni Pouria Nour Mohammad Mehrdad (19) dan Delavar Seyed Mohammad Reza (29) yang menggunakan paspor curian dinyatakan tidak berkaitan dengan terorisme. Keduanya menumpang MAS MH370 dengan maksud mencari suaka ke kawasan Eropa.

Sementara itu, wilayah operasi pencarian MAS MH370 diperluas setelah pemerintah Malaysia menyatakan bahwa dugaan adanya pembajakan di pesawat tersebut semakin menguat. Disebutkan bahwa sinyal pesawat dimatikan sebelum sang kopilot mengucapkan “All right, good night“.

Baik pilot maupun kopilot dalam kokpit tidak menjelaskan alasan matinya sinyal pesawat sebelum komunikasi terakhir ke Air Traffic Control (ATC) itu. Hal ini memperkuat teori yang menyebutkan salah satu pilot sengaja mengalihkan rute penerbangan pesawat.

Temuan ini juga memperkuat dugaan alat pengirim sinyal pesawat atau transponder sengaja dimatikan oleh seseorang di dalam Boeing 777-200ER itu. Transponder itu menyiarkan sinyal radio dan satelit untuk mengirimkan data melalui ACARS. ACARS (Aircraft Communications Addressing and Reporting System) adalah pancaran gelombang yang mengirim informasi kepada maskapai. ACARS bisa mengirim berbagai tipe pesan ke ATC, termasuk kondisi bahan bakar dan status mesin.


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut