Curah Hujan Tinggi di Sipirok, Petani Cemas Serangan Tikus


0

TAPSEL – Sekitar tiga minggu terakhir, curah hujan relatif tinggi di Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel. Petani di daerah ini pun mencemaskan serangan tikus yang akan menyerang tanaman padinya.

Adil Hutasuhut (45), salah seorang petani di Sipirok mengatakan, dengan kondisi tanaman yang sudah berumur 2 bulan, tentu sangat rentan diserang tikus. Serangan tikus akan semakin parah jika kondisi curah hujan tinggi.

“Apalagi kondisi lahan lembek dan selalu tergenang air,” katanya. Dikatakan, tanaman padi yang menjelang bunting atau keluarnya daun bendera sangat disukai tikus untuk memakan bakal bulir padi.

“Jika cuaca begini, kita harus sering mengontrol tanaman dan lahan, kalau tidak akan patal, karena serangan tikus sangat cepat dan biasanya berkelanjutan,” terangnya.

Salah satu upaya yang dilakukan petani adalah meracuni tikus agar serangan berkurang. Namun menurutnya, tindakan meracuni tersebut bukanlah langkah yang paling tepat.

“Upaya yang paling tepat adalah membuat pola tanam yang benar dan membuat saluran untuk mengalihkan genangan air pada lahan terutama di musim hujan,” ungkapnya. (ran) (Metrosiantar.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut