Curah Hujan Tinggi, Warga Tapsel Tak Bisa Menderes


0

TAPSEL – Curah hujan tinggi yang terjadi belakangan di Tapanuli Selatan, membuat warga yang kesehariannya bekerja sebagai penderes, tak bisa beraktivitas secara maksimal.

Seperti penuturan tiga warga Kecamatan Angkola Selatan, masing-masing Jonson (45), Indrawan (45) dan  Martua (34) yang ditemui METRO sewaktu memasarkan getah karet ke Padangsidimpuan. Dikatakan ketiganya, selama ini mereka hanya mengandalkan hasil perkebunan karet sebagai sumber ekonomi keluarganya.

Namun karena curah hujan yang tinggi belakangan, membuat mereka mulai resah.  “Hujan terus, tak bisa beraktivitas. Akibatnya ekonomi kami beginilah,” ungkap ketiganya saling menimpali.

Mereka menuturkan, sebagai warga yang mengandalkan hasil komoditas getah karet, curah hujan yang tinggi tentu berdampak terhadap hasil panen. Sebab jika batang pohon dideres saat cuaca hujan, otomatis getah akan hanyut terbawa air hujan dan tak menempel pada wadah yang disediakan. “Itulah dampaknya, sekarang menjelang tahun baru begini kami semakin susah,” sebut mereka.

Hal itu rupanya dibenarkan juga oleh Camat Angkola Selatan Zamhir SE yang dikonfirmasi METRO kemarin. Zamhir mengatakan, cuaca hujan yang terus mengguyur sekitar sebulan terakhir memang melemahkan perekonomian warga.

“Sebagian besar warga kita mengandalkan hasil karet dan hasil perkebunan lainnya. Ketika musim hujan seperti ini, sudah pasti tanaman karet warga tak bisa dipanen. Demikian juga dengan hasil kebun lainnya. Memang warga mulai kewalahan dengan kondisi ini,” ucapnya.

Disebutkan, menyongsong Natal dan Tahun Baru, tentunya tingkat kebutuhan warga, terutama yang beragama Kristiani akan meningkat. Sehingga dengan kondisi cuaca seperti ini, warga mulai merasa resah.

“Mudah-mudahanlah cuaca bisa berangsur cerah, agar warga kita bisa beraktivitas seperti biasa,” ucap camat yang kini memimpin 33 ribu jiwa warga yang tersebar di 13 desa dan 4 kelurahan itu. (ran) (metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut