Dana BOK Tahap I Tapsel Sudah Disalurkan


0

Logo Tapsel Tapanuli SelatanTAPSEL – Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) di Dinas Kesehatan Kabupaten Tapsel ternyata sudah disalurkan ke-16 puskesmas penerima untuk tahap 1.

Kadis Kesehatan Tapsel dr Ali Syahbana melalui Kabid Jaminan dan Sarana Kesehatan Dinkes dr Hodri AM Simatupang menjelaskan, untuk dana BOK tahap 1 sampai Juni sudah disalurkan oleh KPPN ke 16 puskesmas penerima sebesar Rp481.092.900 dari total dana BOK Tapsel sebesar Rp1.296.000.000.

“Sudah disalurkan mulai Januari-Juni ke 16 puskesmas penerima melalui KPPN Rp481.092.900,” katanya.

Kemudian untuk tahap II, katanya, saat ini masih memverifikasi Planing Of Action (POA) dari Puskesmas untuk bulan Juli-September sebesar Rp393.480.600 dari 3 tahap pencairan dana BOK.

“Saat ini kita sedang memproses pencairan tahap ke II, agar bisa segera disalurkan oleh KPPN ke rekening masing-masing puskesmas penerima. Kalau jumlah masing-masing puskesmas itu berbeda-beda atau tidak sama jumlahnya, tergantung jumlah penduduknya masing-masing,” jelasnya.

Dana BOK ini, katanya, sesuai Permenkes No I tahun 2014 digunakan minimal 60 persen untuk upaya kesehatan prioritas yang artinya merupakan upaya pelayanan kesehatan promosi dan preventif dalam rangka pencapaian MDGs.

“Pencairan dana BOK dilakukan melalui KPPN langsung ke rekening puskesmas berdasarkan POA bulanan yang diajukan puskesmas, jadi dana dana BOK tidak di rekening Dinkes,” jelasnya. (phn) (Metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut