Dana Pilkada Tapsel Diusulkan Rp16 M


0

TAPSEL – Dana pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Tapanuli Selatan 2015, diusulkan Rp16 miliar. Angka tersebut diproyeksikan untuk dua putaran.

“Kita telah mengusulkan dana Pilkada tahun 2015 sebanyak 16 miliar rupiah. Jumlah dana itu sekaligus untuk pelaksanaan dua putaran,” sebut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapsel Potan Edy Siregar, kepada Metro Tabagsel, Rabu (27/8).

Dikatakan, sekalipun pihaknya masih menunggu kepastian, RUU Pilkada yang rencananya akan terbit pada September 2014 mendatang. Namun, dana tetap harus diusulkan.

“Kita belum mengetahui secara pasti, tentang bunyi RUU Pilkada, terutama tentang pendanaan maupun tahapan pelaksanaan, jadi dana Pilkada Tapsel kita usulkan Rp16 miliar pada APBD Tapsel 2015,” ujarnya. Menurut Potan, jika nanti pelaksanaan hanya berlangsung satu putaran, tentu dana akan dikembalikan ke kas daerah. “Sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada,” sebutnya.

Persiapkan Diri

Sambil menunggu terbitnya RUU Pilkada, KPU Kabupaten Tapsel terus mempersiapkan diri menyongsong pelaksanaan Pemilukada 2015 mendatang.

“Kita masih menunggu Rancangan Undang Undang Pilkada, sudah 2 tahun diusulkan agar diubah, rencananya akan terbit pada bulan sembilan (September) nanti. Sambil menunggu itu, kita terus persiapkan diri, terutama dengan hal hal mendasar yang mendukung kelancaran tahapan pelaksanaan nantinya, tentunya sesuai aturan dan mekanisme yang ada,” ungkap Potan Edy Siregar.

Dikatakannya, sesuai yang diketahuinya, RUU tersebut, sedikitnya memiliki 3 isu krusial pada pelaksanaan Pemilukada Tapsel, sehingga sangat perlu ditunggu, baru bisa diketahui dan bisa melaksanakan tahapan.

“Isu pertama, pelaksanaan Pilkada serentak pada 2015. Artinya, jadwal Pilkada Tapsel 12 Mei akan bergeser. Isu lainnya, kemungkinan pilkada hanya memilih Kepala daerah atau tanpa wakil, dan isu selanjutnya kemungkinan dana Pilkada bisa saja ditampung di APBN, namun kita masih menunggu, dan ini belum suatu kepastian,” terangnya.

Dijelaskannya, jika mengacu pada aturan lama (pemilukada 2010), tahapan pelaksanaan perekrutan Penitia Pemilih Kecamatan (PPK) untuk pemilukada Tapsel 2015, telah akan dimulai pada November mendatang. “Jika tetap mengacu pada aturan lama, kita sudah harus merekrut PPK pada bulan 11 mendatang, termasuk juga pemutakhiran Dafatar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada 2015,” ujarnya.

Namun lanjutnya, untuk saat ini, pihaknya masih tetap mempersiapkan diri dengan mengoret-oret tahapan tahapan yang akan dilalui, sehingga nantinya pelaksanaan tahapan dapat berjalan lebih lancar. “Sambil menunggu terbitnya RUU itu, kita masih mengoret oret berbagai tahapan dan jadwal, kita juga membahas aturan, sehingga begitu terbit RUU tersebut, kita langsung melaksanakan,” tururnya. (ran/mag 01) (Metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut