Data NIK Invalid Padangsidimpuan 14.293 Jiwa


0

defaultSIDIMPUAN– Dari 144.030 jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pileg 2014 di Kota Psp, terdapat sekitar 14.293 data NIK Invalid. Itu masih akan diperbaiki hingga batas perbaikan Selasa (19/11).

Kepada METRO, Senin (18/11) Ketua KPUD Kota Psp Ahmad Rasid SPd menyampaikan, hasil rekapitulasi data NIK dan NKK Valid dan invalid pada Pileg 2014 KPU Kota Psp mendatang adalah, total jumlah DPT sebanyak 144.030 jiwa dari 79 desa dan kelurahan yang terdiri dari 6 kecamatan, dengan jumlah TPS sebanyak 524 tempat, diketahui ada 14.293 jiwa yang masih memiliki data NIK Invalid.

“Kita sudah lakukan koordinasi dengan semua PPS yang ada untuk langsung melakukan cek dan ricek ke rumah-rumah yang sesuai dengan data tersebut. Nantinya, pada batas akhir perbaikan, Selasa (19/11) semua data akan dikumpulkan kepada pihak PPK dan dari pihak PPK yang langsung menyerahkannya kepada kami,” ungkap Rasid.

Terangnya, perbaikan jumlah DPT berdasarkan dikeluarkannya surat edaran dari KPU Pusat nomor 756 tertanggal 7 November yang menerangkan, secara global data pemilih mengalami permasalahan, yakni terdapat NIK Invalid. Sehingga dikeluarkanlah surat edaran kepada seluruh KPU di daerah untuk melakukan perbaikan. Menindaklanjuti persoalan tersebut, pihaknya langsung melakukan tindakan dengan mengundang semua PPK dan PPS dan menyampaikan permasalahan yang ada, serta memberikan arahan adanya perbaikan data pemilih terutama dari masalah NIK Invalid.

“Perbaikan ini merupakan hal mendasar yang harus dilakukan. Namun jika menemukan ada kesalahan atau permasalahan, akan menjadi koreksi dalam perbaikan. Karena tidak menutup kemungkinan ada beberapa kesalahan data yang bisa lebih disempurnakan lagi.

Kita di sini tidak hanya menindaklanjuti masalah NIK Invalid saja, tapi dari masalah seperti adanya data ganda, meninggal dunia, pindah atau pemilih yang sudah menjadi TNI atau Polri, tetap akan menjadi perbaikan,” tambahnya.

Rasid juga mengharapkan kepada masyarakat agar dapat melaporkan dirinya jika memang betul-betul terdaftar sebagai pemilih. Sebab, rata-rata permasalahan yang berkaitan dengan data NIK invalid ini banyak dikarenakan yang meninggal dunia maupun belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). (metrosiantar)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut