Desa Pudun Jae Padangsidimpuan terpilih menjadi kampung KB


0

Pemko Padangsidimpuan melalui Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KB, PP dan PA) Kota Padangsidimpuan sangat serius untuk mensukseskan dan mewujudkan Agenda Prioritas Pembangunan (Nawacita) Pemerintahan periode 2015-2019.

Keseriuasan tersebut terutama pada Agenda Prioritas nomor 5 (lima) yakni “Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia” melalui “Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana” BKKBN harus dapat melaksanakan Strategi Pembangunan Nasional 2015-2019 (pada Dimensi Pembangunan Manusia) dengan fokus penggarapan pada Dimensi Pembangunan Kesehatan serta Mental/Karakter (Revolusi Mental) untuk diintegrasikan ke dalam Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Hal itu diungkapkan Kepala Badan KB, PP dan PA Kota Padangsidimpuan Khairul Alamsyah Lubis melalui Plt Kabid KB Ramadhan Nasution, ditemui wartawan di kantornya, Komplek Perkantoran Pemko Padangsidimpuan, Pal IV, Pijorkoling, Padangsidimpuan, Selasa (19/7).

Bentuk keseriusan tersebut dibuktikan dengan akan dilaunchingnya kampung KB di Padangsidimpuan pada Agustus 2016 mendatang dan Desa Pudun Jae terpilih sebagai kampung KB di Kota Padangsidimpuan untuk tahun 2016 ini.

Tidak hanya sampai disitu, menurut Ramadhan, program kampung KB ini akan terus berlanjut dan akan ada di setiap kecamatan di Kota Padangsidimpuan.

Penunjukan Desa Pudun Jae bukan asal tunjuk tetapi berdasarkan petunjuk teknis yang telah dikeluarkan oleh BKKBN pusat diantaranya, jumlah keluarga pra KS dan KS-1 (miskin) diatas rata dimana jumlah pencapaian peserta KB di bawah rata-rata.

Selain itu, desa tersebut termasuk dalam kawasan DAS dan kumuh, angka partisipasi penduduk usia sekolah rendah, dan lainnya termasuk tingkat pendidikan, kesehatan, pembangunan lainnya yang mana perlu adanya peningkatan dari daerah tersebut.

Ramadhan selanjutnya mengatakan, yang menjadi sasaran dalam program Kampun KB ini adalah keluarga, remaja, lansia, pasangan usia subur,keluarga Balita dan sasaran sektor lain sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Tujuan pembentukan kampung KB ini secara umum disebutkannya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kampung melaui program kependudukan dan keluarga berencana dan pembangunan keluarga menuju keluarga kecil yang berkualitas. (ikhwan nasution /medanbisnisdaily.com)


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Keren Keren
0
Keren
Marah Marah
0
Marah
Muntah Muntah
0
Muntah
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut